Makna Muhammad saw sebagai Rahmatan lil a’lamin

allah-muhammad-wallpaper

“Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. “(Surat Al-Anbiya : 107).

Pengertian rahmatan lil a’lamin

Pengertian Nabi Muhammad saw sebagai rahmatan lil ‘ alamin adalah beliau diutus oleh Allah SWT yang membawa ajaran Islam yang membawa kedamaian, kerukunan dan kesejahteraan bagi manusia dan memberi keteladanan lewat akhlaqul karimah yang indahnya tiada banding.

Namun demikian rahmat adalah milik Allah dan hakikatnya tiada mahkluk yang memiliki sifat itu. Allahlah yang mengaruniakan sifat itu kepada hambanya. Begitu juga Muhammad saw juga sebagai makhluk ciptaanNya, seorang hamba Allah, bukan Tuhan dan bukan pula penjelmaan Tuhan.

Rahmat Allah erat kaitannya dengan ruh Muhammad Saw. Membicarakan perkara ruh yang umum saja sudah teramat sulit apalagi terkait dengan ruh Muhammad Saw, karena itu sejatinya adalah urusan Allah.

Sesuai Firman Allah : Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah: “Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit”. (Al Isra 85)

Rahmat adalah kasih sayang sebagai perwujudan sifat Allah yang maha rahman dan maha rahim. Rahmat adalah milik Allah dan wujudnya berupa nikmat. Sementara lawan nikmat adalah azab.

Terkait awalin dan akhirin manusia yang juga berawal dari ruh, beberapa riwayat menyatakan keistimewaan Muhammad saw sebagai ruh pada saat di arasy.

Pada Alam ruh ini Muhammad saw telah mendapatkan kenabian dan jelas kepemimpinannya atas semua nabi sebagaimana hadis diriwayatkan Al Irbadh ibn Sariya, berkata bahwa Nabi saw bersabda, “Menurut Allah, aku sudah menjadi Penutup Para Nabi, ketika Adam masih dalam bentuk tanah liat.

Allah kemudian  menghembuskan ruh Muhammad saw diperut pasangan manusia yang dipilihNya yaitu Siti Aminah dan ayahnya Abdullah dari kaum Bani Hasyim Quraish.

Kehendak dan kuasa Allahlah yang menetapkan Nabi Saw terlahir tidak diawal tetapi di akhir dari semua nabi untuk menyempurnakan semuanya dan menjadi penutup. Seorang nabi yang terlahir sebagai manusia biasa yang sederhana, yang bekerja dan berdagang, berkeluarga, bermasyarakat dan menjadi pemimpin sehingga  menjadi mudah untuk diikuti umatnya dan menjadi Al Quran berjalan karena keluhuran akhlaqnya

Kalangan ulama menilai keistimewaan ruh Muhammad saat di arasy yang bahkan namanya bergandengan dengan Allah Swt telah dilihat Adam As saat penciptaannya, itulah kemudian disebut Nur Muhammad (sebagian ulama menyebutnya hakikat Muhammad).

Nur Muhammad dan penciptaan alam semesta

Allah berfirman bahwa Muhammad adalah hamba yang sangat dicintainya atau kekasih Allah. Selanjutnya dengan nur Muhammad diciptakanlah seluruh alam sebagaimana

Firman Allah : Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (Al anbiya : 107)

Hal ini dikuatkan dalam hadis Qudsi: Kalau tidak engkau hai Muhammad, kalau tidak engkau hai Muhammad tidaklah kujadikan segala sesuatu.

Karena itu Nur Muhammad saw diciptakan Allah adalah sebagai rahmat Allah yang diberikan kepada semua ciptaannya termasuk manusia. Dan Rahmat yang diturunkan Allah dengan Nur Muhammad bila demikian kejadiannya adalah berdimensi dahulu, kini dan akan datang yaitu sejak awal kejadian semua ciptaan termasuk penciptaan Adam As hingga hari pembalasan.

Ibnu Araby menyatakan : dia (Muhammad) adalah awal kejadian dan dia pula akhir kenabian, Muhammad saw bukan Tuhan dan bukan pula penjelmaan Tuhan dan dia makhluk ciptaan Tuhan, namun dia awal kejadian.

Sabda nabi kepada Jabir : Yang mula-mula diciptakan adalah nur nabimu, hai jabir (alhadis).

Sekali lagi dengan Nur Muhammad adalah berawal ciptaan Allah dan dengan Nur Muhammadlah rahmat kemudian diberikan oleh Allah kepada seluruh alam dan manusia sehingga tersingkaplah tabir rahasianya mengapa segala permohonan dan doa harus berwasilah kepada Muhammad Saw.

(Tulisan di ilhami dari blog http://smzblog.wordpress.com/perundangan-islam/kisah-penciptaan-ruh-rasulullah).

Wallahu ‘alam bishowab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s