Jangan ragu untuk melangkah

jangan-takut-melangkah

Post ini bukan judul lagu, namun ini penting dalam mengukuhkan niat seseorang dalam melangkah. Istilah sekarang seseorang harus move on seberat apapun kesulitan yang dihadapi. Ragu-ragu sudah jelas bukan sifat orang beriman, melainkan hembusan atau bisikan setan. Orang beriman akan yakin bahwa amal yang akan dilakukan dan dipilih  adalah yang bersumber dari Al Quran dan dituntunkan oleh nabi saw bukan dari pendapat dirinya apalagi orang lain.

AA Gym memiliki 3 M sebuah jargon yang terkenal dalam menentukan langkah. Jargon 3 M ini dibuat untuk mendorong semangat bahwa yang paling sulit dari suatu langkah adalah memulainya. Seringkali orang berhenti pada harapan saja dan hal itu menjadikan dirinya hanya berpijak, tidak melangkah menggapainya.

Adapun 3 M yang disampaikan AA Gym adalah sbb:

Pertama, Mulai dari diri sendiri. Mulailah untuk melangkah dengan melakukan introspeksi diri dan tanamkan bahwa kesulitan dan kegagalan bukanlah karena orang lain apalagi menyalahkan orang lain sebagai penyebab atau kambing hitam kegagalan diri. Sibukkan diri untuk memperbaiki diri dengan bersikap jujur dan sportif pada diri bahwa bisa jadi kesulitan dan kegagalan adalah akibat kesalahan sendiri.

Kedua, Mulai dari yang terkecil. Mulailah dengan melangkah dan berhenti bermimpi tidak ada sesuatu yang besar terjadi tanpa proses. Tiada perubahan besar tanpa diawali perubahan yang kecil. Pepatah China mengatakan langkah 1000 mil selalu dimulai dari langkah pertama. Begitupula tiada lompatan besar kecuali diawali dengan lompatan kecil.

Ketiga, Mulai dari sekarang. Mulailah melangkah jangan menundanya. Segeralah lakukan dan niatkan untuk segera melangkah untuk menggapai harapan. Bila diri ingin pergi kesuatu tujuan, tetapi yang dilakukan hanya berdiam diri dan hanya memejamkan mata, mana mungkin sampai ke tujuan dan harapan yang dicita-citakan.

Itulah pentingnya jargon 3 M yang disampaikan AA gym  untuk menjangkau impian dan harapan.

Wallahu ‘alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s