Tidak berkurang harta orang yang bersedekah

harta-tak-berkurang-bila-diinfakan

Sabda Nabi saw:  Tidak akan berkurang sedikitpun harta seseorang yang disedekahkan.

Infaq, zakat dan sedekah, kadang sulit dibedakan, terlihat sama saja. Namun secara umum dapat dibedakan. Infaq berasal dari kata nafaqa yang berarti mengeluarkan sesuatu (harta), bersifat sukarela, tidak ditentukan nishabnya untuk orang yang mengeluarkan harta dan dapat diberikan kepada siapapun. Itulah yang membedakan infaq dengan zakat dari sifatnya yang wajib, ada nishabnya bagi yang mengeluarkan  dan yang menerimanya juga  telah ditetapkan. 

Infaq juga berbeda dengan sedekah.  Sedekah berasal dari kata shadaqo yang berarti benar dan perbedaannya dengan infaq adalah bahwa sedekah tidak selalu berupa harta. Beberapa sedekah non materi adalah termasuk seperti  mengucapkan tahlil, tahmid dan takbir, perkataan atau nasehat yang baik, senyum dan memberikan bantuan tenaga dan pikiran kepada orang lain. Sedekah ini memberikan alternatif bagi orang miskin untuk dapat bersedekah namun tidak memiliki harta.

Firman Allah :   “Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.” dan apa saja kebaikan yang kamu buat, Maka Sesungguhnya Allah Maha mengetahuinya.”(Albaqarah: 215)

Keluasan makna infaq, sedekah dan zakat termasuk pahala besar bagi orang menafkahkan hartanya di jalan Allah, tidaklah mengurangi perbendahaaran Allah walaupun dikeluarkan siang dan malam atau telah diambilkan sejak diciptakan langit dan bumi. 

Selain penuh perbedaharaannya, pada tangan yang lainnya Allah memiliki timbangan yang dapat naik turun sebagai cerminan keadilan Allah terhadap makhluknya dan Dialah yang berhak melapangkan dan menyempitkan rezeki dan meninggikan dan merendahkan makhluknya.

Nabi saw bersabda: Sesungguhnya tangan Allah itu penuh, tidak berkurang sebab di berikan(dinafkahkan). Tahukah kalian apa yang dinafkahkanNya sejak dia menciptakan langit dan bumi. Sesungguhnya apa yang ada di tangan kananNya itu tidak berkurang dan singgasanaNya (arasynya) di atas air. Dan ditanganNya yang lain ada limpahan atau timbangan yang naik turun ( HR Bukhari).

Kepada orang yang berinfaq Allah akan memberikan ganti dengan sesuatu yang kekal dan berlipat bagi orang yang bersedekah. Dan menjadi logis kemudian bila tidak ada orang yang melarat atau miskin karena bersedekah, karena adanya jaminan Allah kepada orang yang bersedekah itu

Anas bin Malik Ra bahwasanya Nabi Saw bersabda: Dalam hadist Qudsi bahwa Tuhan telah berfirman : Wahai anak adam, menyembahlah kepadaKu dengan sungguh-sungguh, niscaya aku akan penuhi hatimu dengan kekayaan dan kedua tanganmu dengan rezeki.

Wahai anak adam janganlah engkau menjauh dariku sebab jika menjauh niscaya Aku akan penuhi hatimu dengan kefakiran dan tangamu dengan kesibukan yang sia-sia (HR Athabrani dan AlHakim)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s