4 Hujjah Allah kepada manusia yang suka berdalih

mutiara-kata-9

Namanya manusia suka sekali mencari cari alasan, terutama terkait menegakkan ibadahnya kepada Allah swt. Ada saja alasannya yang sibuklah, tiada waktulah, karena kondisi sakit, tidak ada mood dan sedang dilanda kesusahan.

Dalam hal ini, kemudian Allah menurunkan 4 hujjahNya yang artinya adalah alasan berupa bukti nyata kepada manusia melalui hujjah dari Nabi Sulaiman as, Nabi Yusuf As, Nabi Ayub As dan Nabi Isa As. 4 Nabi Allah tersebut telah melewati perjuangan dan cobaan yang sangat sukar dalam menegakkan agama Allah. Semua cobaan itu telah dijalani dengan penuh kesabaran dan ketabahan sebagai bentuk pelajaran bagi manusia untuk tidak berkelit dengan berbagai alasan dalam beribadah kepada Allah swt.

Nabi saw bersabda: Pada hari kiamat kelak Allah akan berhujjah menjadikan 4 orang nabi sebagai alasan untuk menghakimi  4 golongan manusia sebagai berikut:

Hujjah Allah dengan Nabi Sulaiman As

Allah akan berhujjah kepada orang-orang kaya dengan nabi Sulaiman As. Allah bertanya kepada mereka: Mengapa kalian meninggalkan ibadah kepadaKu? Jika mereka menjawab: “Kami sibuk dengan harta”. Maka Allah berhujjah: “Adakah kerajaan yang lebih besar dan orang yang lebih kaya dari Nabi Sulaiman As? Namun Nabi tidak meninggalkan ibadah kepadaKu.

Hujjah Allah dengan Nabi Yusuf As

Allah akan berhujjah kepada hamba sahaya dengan Nabi Yusuf As. Allah bertanya kepada mereka: Mengapa kalian meninggalkan ibadah kepadaKu? Jika mereka menjawab : “Kami sibuk melayani majikan kami.” Maka Allah berhujjah : Hambaku Nabi Yusuf adalah seorang budak dari raja Mesir dan permaisurinya, namun ia tetap beribadah padaKu.

Hujjah Allah dengan Nabi Ayub As

Allah akan berhujjah kepada orang orang yang sakit dengan nabi Ayub As. Allah bertanya: Mengapa kalian meninggalkan ibadah kepadaKu? Jika mereka menjawab: “kami sakit,” maka Allah berhujjah: Hambaku nabi Ayub As juga pernah sakit sangat parah, namun ia tidak meninggalkan ibadah.

Hujjah Allah dengan Nabi Isa As

Allah akan berhujjah kepada orang-orang fakir dengan nabi Isa As. Allah bertanya: Mengapa kalian meninggalkan ibadah kepadaKu? jika mereka menjawab: “Kami telah disibukkan dengan susahnya kefakiran hidup”, maka Allah berhujjah: Hambaku nabi Isa As adalah orang yang paling fakir di muka bumi ini, dia tidak memiliki sesuatu dari dunia ini, dia tidak memiliki tempat tinggal, harta dan istri, namun dia tidak meninggalkan ibadah kepadaKu. (Nashaihul Ibad)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s