4 golongan manusia ditinjau dari lisan dan hatinya

4JENS-MANUSIA

Sheikh Abdul Qadir Jailani menyampaikan 4 golongan manusia dilihat dari lisan dan hatinya sebagai berikut:

  1. Orang yang tidak memiliki lisan dan hati. gambarannya adalah  orang yang durhaka, lalai, bodoh, maka jauhilah golongan ini
  2. Orang yang memiliki lisan tetapi tidak memiliki hati. gambarannya adalah orang yang fasih berkata-kata, bahkan ucapannya memiliki hikmah, namun tidak pernah diamalkannya. Dia suka mengajak orang beramal shaleh tetapi dia sendiri mengingkarinya. Kepada golongan ini sebaiknya dijauhi.
  3. Orang yang tidak memiliki lisan namun memiliki hati. Ini adalah orang mukmin yang disembunyikan Allah dari pandangan makhluknya. Allah telah membukakan mata hatinya sehingga bisa melihat kekurangan dirinya dan mampu menerangi hatinya. Dengan golongan ini baiknya pergaulilah dan berkhikmadlah kepadanya niscaya Allah juga akan mencintaimu.
  4. Orang yang memiliki lisan dan memiliki hati. Gambarannnya adalah orang lapang hatinya menerima Ilmu Allah dan dengan lisannya mau mengajarkan dan mengamalkan ilmunya. Kepada golongan ini janganlah menjauh dan berselisih dengannya apalagi meninggalkan nasehatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s