Bila ulama berbisnis seperti KH Ahmad Dahlan

ahmad dahlan

Banyak ulama besar yang tidak berpangku tangan dengan hanya menggantungkan kepada da’wahnya saja. Walau sudah menyandang predikat Kyai atau ulama besar, namun kegigihan dalam berbisnis masih dilakukan, Berikut ini contoh yang paling dekat dengan gambaran tersebut yaitu KH. Ahmad Dahlan.

Sepulang dari Mekah ada perubahan signifikan terjadi pada diri Ahmad Dahlan yang semula hanya seorang santri berubah menjadi Kyai. Kehidupan rumah tangga yang dijalani bersama Nyai Walidah menghendaki dirinya untuk terus mencari nafkah buat keluarganya dengan berdagang.

Kyai ini memang berasal dari keluarga pedagang tinggal di Kauman. Dagangan yang dijajakan waktu itu adalah batik Kauman yang waktu itu sangat ngetrend dan sangat diminati tidak saja di jawa, namun sampai diluar jawa. Kebiasaan dagang tidak terjadi sendirinya namun adalah proses dari kecil memang dirinya sudah  terbiasa mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

Bagi KH Ahmad Dahlan kegiatannya berdagang bukan hanya memberikan nafkah kepada keluarga, tetapi merupakan bentuk da’wah bilhal melalui perbuatan atau contoh langsung yang baik kepada orang lain.

Manfaat dawah serupa ini sangat dirasakan manfaatnya oleh murid-muridnya yang kemudian melalui organisasi Muhammadyah yang didirikannya tampil membawa perubahan sosial dan ekonomi bagi umat Islam.

KH Ahmad Dahlan juga belajar dari filosopi dari batik yang bentuknya halus dan harus dikerjakan secara teliti yang tergambar dari da’wah beliau yang mengedepankan kehalusan kelembutan dan ketelitian dengan gagasan yang masuk akal.

Bagi beliau sambil berdagang, selain dagangan laku, tetapi dirinya juga mendapatkan bonus dawahnya didengar dan dilaksanakan. (diambil dari buku Kebiasaan 2 ulama besar KH Ahmad Dahlan dan Hasyim Asy’ari)

Wallahu a;lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s