3 macam makrifat

 makrifat 2

Beberapa buku tasawuf membagi makrifat dalam 3 hal yaitu:

  1. Makrifat karena Allah
  2. Makrifat karena dalil
  3. Makrifat karena ikut-ikutan (taklid)

Secara kasat mata dan faktual orang yang melakukan 3 macam makrifat itu sukar dibedakan. Perbuatan dan amal dalam melaksanakan makrifat kadang terlihat lebih khusyuk dan serius menjalaninya. Namun sekali lagi makrifat bukanlah hal yang bersifat lahir namun memiliki dimensi batin.

Makrifat dengan dalil ditandai orang itu ahli dan fasih dalam menguraikan dalil-dalil atau riwayat para sufi yang ada mengerti konsep dan tatacara untuk dapat bermakrifat kepadaNya. Makrifat serupa ini dikenal juga dengan makrifat syar’iyah.

Sedangkan makrifat yang ikut-ikutan atau taklid, definisinya jelas yaitu orang yang secara total atau taklid mengikuti perbuatan ahli sufi tanpa mengetahui banyak mengenai kandungan ilmunya.

Sementara itu makrifat karena Allah atau makrifat batiniyah adalah makrifat yang tertinggi yang dimiliki para aulia dan wali. Dimensi sudah pada hati, tidak saja berisi kecintaan kepada Allah namun sudah mengarah pada kerinduan kepadaNya. Kedekatannya kepada Allah dapat melahirkan karomah kepadanya.

Seorang yang bermakrifat hanya kepada Allah mampu memahami rahasia Allah melalui bahasa Allah (Kalamullah) yang tidak beraksara dan tidak bersuara. Karena itu, tampilan ilmu mereka tidaklah selalu dalam kefasihan lisan atau sarat dengan dalil-dalil atau panjangnya periwatan untuk menemukan kebenaran yang haq, namun sebaliknya tampilan lisannya juga sederhana simpel, namun akan  sangat mengena dan menyejukkan hati bila bicara.

Sheikh Abdul Kadir Jailani memberikan isyarat / tanda  seseorang yang bermakrifat kepada Allah, adalah orang yang tidak memiliki lisan namun memiliki hati. Dengan begitu Allah telah membukakan mata hatinya sehingga bisa melihat kekurangan dirinya dan mampu menerangi hatinya.

Karena itu orang serupa ini sukar ditemukan dan pastinya disembunyikan oleh Allah, karena wujud kasih sayangNya untuk melindunginya dari tipu daya dunia. Dengan golongan ini baiknya pergaulilah dan berkhikmadlah kepadanya niscaya Allah juga akan mencintaimu.

Menyadari keutamaan agar bermakrifat hanya pada Allah, maka siapa yang berakal hendaknya dapat mengerahkan seluruh kemampuannya dalam menuntut ilmu makrifat dan tidak menunda-nundanya.

Janganlah itu terjadi kala maut menjelang,  kebutaan karena kebodohan menimpa karena tidak bersegera bermakrifat. Dan siapa yang buta didunia sekarang, maka diakhirat kelak akan menjadi lebih buta lagi dan sesat jalan (Tanwirul Qulub)

Wallahu a’lam

One thought on “3 macam makrifat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s