Makrifat hanya terjadi karena Allah

makrifat

Hampir semua ulama sufi sepakat bahwa pada hakekatnya tiada seorangpun yang dapat menggapai makrifat kecuali karena Allah jua. Dalam suatu hadis disebutkan pula bahwa bila  Allah menghendaki kebaikan kepada hambanya, maka Allah sendiri yang akan memberikan kekuatan, kepintaran dan kecerdasan kepada hamba itu untuk dapat memahami ilmuNya. (1)

Makrifat terjadi hanya karena Allah adalah didasarkan kondisi dan  kodrat manusia sendiri yaitu pertama, karena keterbatasan manusia dalam menerima ilmuNya dan kedua memang ilmu yang diturunkan Allah terkait ilmu makrifat memang sangatlah sedikit. Walaupun sedikit ilmu yang diturunkan Allah melalui ilmu Makrifat, namun hal itu sudah cukup bagi seorang hamba untuk dapat merasakan manisnya dari buah Makrifat. Beberapa ayat Allah yang mendasari keterbatasan manusia dan sedikitnya ilmu itu adalah :

  1. Allah yang mengajari nabi Adam nama-nama benda saat pertama kali diciptakan sesuai surat Al baqarah : 31 (2)
  2. Allah mengajar manusia apapun yang tidak diketahuinya sesuai surat Al Alaq :5 (3)
  3. Allah yang megeluarkan bayi dari perut ibunya  dan setelahnya Allah yang memberi pendengaran, penglihatan dan hati (An Nahl : 78) (4)
  4. Allah memberikan manusia ilmu hanya sedikit sesuai surat Al Isra : 85. (5)
  5. Allah yang memberi petunjuk, memberi makan dan minum, pakaian, dan memberikan  ampunan sesuai dengan Hadis Qudsi yang diriwayatkan HR Muslim, Ibnu Hibban dan Hakim (6)

Dalam kitab Sirajut Tholibin: disampaikan bahwa hakekatnya untuk mendapat makrifat karena Allah jua, yakni dengan petunjukNya, hidayahNya dan dengan kehendakNya. Tanpa dia tidak mungkin seseorang dapat mengenalNya. Dengan ilmu makrifat seseorang akan dikarunia rasa takut akan siksaNya, manyadari kelemahan dan tiadanya kekuatan diri serta keinginan untuk selalu bertobat.

Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan ilmu Makrifat adalah bertumpu pada kalimat La Haula Wala Quwata Illa Billah sesuai dengan Hadis riwayat Ibnu Mas’ud ketika ditanya Nabi Saw. (7) Selanjutnya disampaikan, bila ada yang mengatakan mengenal Allah karena berkat kekuatan dirinya, kepintaran dirinya atau kecerdasan dirinya, maka ini masuk kategori syirik khofi yaitu syirik yang samar.

Wallahu ‘alam bis showab

  1. Sabda Nabi saw; Barang siapa yang dikehendaki Allah menjadi baik, maka Allah akan memberikan kecerdasan pemahaman sebaik-baiknya dalam hal agama (HR Bukhari)
  2. Firman Allah : Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!“(Albaqarah: 31)
  3. Firman Allah : Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya (Al Alaq: 5)
  4. Firman Allah : Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.(An Nahl:78)
  5. Firman Allah: Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: “Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit”.(Al Isra : 85)
  6. Firman Allah dalam hadist Qudsi : Semua kamu sesat, kecuali orang yang kuberi petunjuk, maka mintalah petunjuk padaKu, maka aku akan memberi petunjuk padamu. Hai hambaku semua kamu lapar dahaga, kecuali orang yang kuberi makan, maka mintalah makan kepadaKu. Aku akan memberi makan kepadamu. Hai hambaKu semua kamu dalam keadaan telanjang, kecuali orang yang kuberi pakaian, maka mintalah pakaian kepadaKu. Aku akan memberikan pakaian itu kepadamu. Hai hambaKu kamu semua banyak berbuat salah sepanjang siang sepanjang malam, Akulah yang memberi ampunan atas dosa-dosa itu semua, kecuali syirik, maka mintalah ampun kepadaKu. Aku akan mengampunimu (HR Muslim, Ibnu Hibban dan Hakim).
  7. Nabi bersabda: Hai Ibnu Mas’ud tahukah artinya La Haula wala Quwata Illa Billah. Lantas Ibnu Mas’ud menjawab: “tidak tahu “.  Nabi saw bersabda: “Tiada daya menolak maksiat dan tiada kekuatan untuk taat kepada Allah melainkan karena pertolongan Allah jua”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s