Ali Bin Abi Thalib Ra : Semua waktu, hari dan bulan adalah baik

sketsa-ali-bin-abi-thalib

Ini adalah pernyataan yang disampaikan oleh Ali Bin abu Thalib untuk merespon keyakinan semua ulama bahwa Islam memiliki  hari, bulan dan amal yang baik.

Hari, bulan dan amalan yang baik dalam Islam diutarakan oleh Ibnu Mas’ud ra ketika ditanya mengenai hal itu: Hari yang baik adalah hari jumat, bulan yang baik adalah bulan Ramadhan dan amal yang baik adalah shalat fardhu yang dilakukan tepat waktu.

Keyakinan ini berkembang di sebagian besar ulama hingga saat ini terkait dengan keutamaan hari jumat, lalu keutamaan bulan Ramadhan karena bulan diturunkannya Al Quran dan adanya kewajiban berpuasa, dan keutamaan amal atas lainnya yaitu  shalat fardhu, sehingga umat Islam begitu mengkhususkannya.

Hal itu tidak ada yang salah, namun sebaiknya, bahwa dalam melakukan kegiatan ibadah tidaklah seharusnya menunggu hari dan bulan baik karena semua waktu yang sudah diberikan Allah kepada diri sesungguhnya  adalah baik dan amal ibadah shalat memang penting, namun yang lain sebaiknya juga jangan diabaikan.

Baiknya dengarkan sanggahan Ali bin Abi Thalib seorang yeng memiliki keluasan ilmu menanggapinya. Ali bin Abi thalib berkata:

  • Amal perbuatan yang baik adalah amal yang diterima Allah,
  • Bulan yang paling baik adalah bulan yang didalamnya kamu bertobat kepada Allah dengan tobat yang tulus (Taubatan Nasuha) dan
  • Hari yang baik adalah hari saat kamu pergi meninggalkan dunia kembali kepada Allah dalam keadaan beriman (Khusnul Khotimah)

Ali Bin Abi Thalib kemudian melanjutkan mengenai pentingnya waktu ini terutama kaitannya dengan mengupayakan untuk mendapatkan akhir yang baik bagi setiap manusia: “Setiap orang yang sedang disusul kematian meminta lebih banyak waktu. Sementara semua orang yang masih memiliki waktu membuat alasan untuk menunda-nundanya”.

Tepat sekali bila umat Islam dapat memperhatikan perbuatannya bukan berdasarkan hari dan bulan baik semata, Karena prilaku ini tidak ada ubahnya orang percaya pada waktunya (seperti ramalan, primbon dsbnya) bukan percaya kepada Allah Swt yang maha memiliki dan maha memberi kepada makhluknya.

Wallahu ‘alam bishowab

One thought on “Ali Bin Abi Thalib Ra : Semua waktu, hari dan bulan adalah baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s