Cara Allah mengadili seorang pembunuh

sang-pembunuh-ilustrasi-_130109170703-704

Diambil dari Kitab Al Lulu wal Marjan. Kisah ini diriwayatkan oleh Abu Said ra, Nabi saw bersabda: Dahulu pada masa bani Israil, hiduplah seorang pembunuh kejam yang telah membunuh sebanyak 99 orang. Kemudian ia tergerak untuk bertobat melepaskan dii dari kejahatannya itu.

Untuk bertobat itu, lantas dirinya menemui seorang Rahib untuk menanyakan dapatkan Tuhan menerima tobatnya dan bagaimana caranya?. Rahib itu menjawab singkat : “Tidak ada”. Mendengar itu gusarlah ia dan marah dan dibunuhlah Rahib itu. Sehingga genaplah orang yang dibunuh melalui tangannya sebanyak 100 orang.

Lantas dirinya tetap melanjutkan perjalanan untuk tobatnya itu. Kemudian ia bertemu seseorang, lalu ditunjukilah agar ia pergi kesuatu tempat atau ke sebuah dusun. Disanalah dirinya dapat melakukan tobat. Maka pergilah ia kedusun itu.

Dalam perjalanan kedusun itu, ditengah jalan pembunuh itu menemui ajalnya. Kematian pembunuh ini lalu menimbulkan pertengkaran antara malaikat rahmat yang mencatat kebaikan melalui niat pembunuh untuk bertobat dan malaikat siksa yang mencatat kejahatan si pembunuh itu. Mereka melihat sangat seimbang antara kebaikan dan keburukannya, sehingga sangat sulit diputuskan.

Allah kemudian memerintahkan dusun sebagai tempat yang baik itu mendekat kepada si pembunuh dan menjauhkan tempat asal pembunuh itu berbuat kejahatan. Lalu Allah berfirman : “Ukurlah” seraya memerintahkan kepada 2 malaikat itu untuk mengukur jarak dari si pembunuh dengan kedua lokasi itu.

Akhirnya dipastikan bahwa posisi si pembunuh saat menemui ajalnya adalah lebih dekat dengan dusun itu dari jarak asal atau tempat dirinya berbuat kejahatan. Dengan itu Allah mengampunkan pembunuh itu karena kecondongan hati pembunuh itu untuk lebih mendekati dusun untuk bertobat. Mendengar Keputusan Allah demikian, menjadi yakinlah kemudian 2 malaikat akan Maha Adilnya Allah dalam memutuskan suatu perkara. (Bukhari Muslim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s