3 sifat buruk pangkal dari dosa dan khilaf

arrogance

Dari Kitab Nasaihul Ibad disebutkan bahwa ada 3 macam sifat  yang merupakan pangkal atau yang menjadi sebab seseorang melakukan perbuatan dosa yaitu :

  1. Sombong
  2.  Rakus
  3. Dendam dan dengki

3 sifat ini menjadi perhatian / penting diketahui bukan karena sebagai pangkal dari perbuatan dosa,  namun itu terkait sejarah awal-awalnya makhluk diciptakan. Sifat sombong adalah dosa pertama yang dilakukan Iblis yang membangkang terhadap perintah  Allah. Sifat Rakus adalah dosa awal Adam As yang mengantarkan diri dan istrinya keluar dari syurga. Dan sifat dengki dan dendam pertama kali dilakukan oleh 2 anak Adam As yaitu Qabil dan Habil sehingga terjadilah pembunuhan yang pertama dalam sejarah umat manusia.

Sombong

Sifat sombong adalah berawal dari laku iblis yang tiada mau bersujud kepada Adam dikala diperintahkan Allah, ia membangkangnya. Iblis merasa kedudukannya lebih tinggi karena tercipta dari Api dibanding Adam As yang berasal dari tanah.  

Allah berfirman: “Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?”. (Shad : 75)

Rakus

Sikap rakus adalah sikapnya nabi adam As yang sudah dicukupkan Allah apapun disurga namun masih tergoda untuk memakan buah khuldi sehingga meninggalkan syurga. Sifat serakah itu mengantarkan Adam As digolongkan sebagai orang yang zalim dan durhaka kepada Allah.

Dan Allah berfirman): “Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim”. (Al Araf : 19) dan  Firman Allah : Maka keduanya memakan dari buah pohon itu, lalu nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun (yang ada di) surga, dan durhakalah Adam kepada Tuhan dan sesatlah ia (Thaha : 121)

Dendam dan dengki

Dendam dan dengki adalah yang diperbuat qabil kepada adiknya, hingga terjadilah kisah pembunuhan awal umat manusia di muka bumi yang mengakibatkan kafir.

Firman Allah :Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa”. (Al Maidah : 27) dan Firman Allah : Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi. (Al Maidah: 30)

Dalam riwayat yang lain A Faqih a laits telah menjelaskan 3 Macam orang yang ditolak doanya yaitu yang suka memakan harta yang haram, suka bergunjing keburukan orang lain dan mendendam rasa dengki didalam benaknya

Wallahu ‘alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s