Cara mengetahui suatu dosa itu besar atau kecil

Mengenal-Dosa-Kecil-Dan-Dosa-Besar-Menurut-Pandangan-Islam

Menentukan apakah dosa ini besar atau kecil menjadi sangat relatif dan susah ditetapkan. Namun demikian paling tidak ada 2 cara menentukan bahwa dosa itu sebagai dosa besar atau kecil yaitu:

Besar kecil dosa berdasarkan anggapan manusia dan Tuhan

Nabi Saw bersabda: Dosa yang paling besar di sisi Allah adalah dosa yang paling kecil dalam anggapan manusia, dan dosa yang paling kecil di sisi Allah adalah dosa yang paling besar dalam anggapan manusia

Abu Lait as Samarqandi berkata : Yakni ketika orang yang melakukan dosa itu menganggap bahwa dosa yang dilakukannya itu besar dan merasa takut mengulanginya, maka dosa itu menjadi kecil disisi Allah. Sebaliknya ketika seseorang menganggap dosa yang dilakukannya kecil dalam pandangan dirinya, maka itu menjadi dosa besar di sisiĀ  Allah

Karena itu orang yang menganggap dosanya besar akan berusaha untuk bertobat dan mencoba memenuhi syarat-syaratnya sehingga mampu menghapus dosa, sekalipun itu besar. Disini perlu kejujuran diri dalam melihat dosa yang dibuat.

Dosa besar atau kecil bergantung kontinuitasnya dilakukan

Dosa kecil yang dilakukan terus menerus akan menjadi dosa besar, bahkan jika pelaku dosa hanya sebatas niat ingin melakukannya secara terus menerus, maka dosa kecil itu akan berubah menjadi dosa besar.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Sabda Nabi : Bukan dosa kecil jika itu dikerjakan terus menerus dan bukan dosa besar jika disertai dengan tobat. (HR Dailami)

Hal itu dikarenakan dengan seseorang berniat itu sudah termasuk bentuk kemaksiatan. Karena itu jangan remehkan dosa kecil, karena dengan itu dapat melahirkan berbagai dosa besarĀ  dan menimbulkan murka Allah.

Ada perumpamaan yang sangat jelas dalam menimbang dosa besar dan dosa kecil. Bila air sedikit diteteskan secara kontinue pada sebuah batu, maka lambat laun batu itu akan berbekas.

Tetapi tidak akan ada bekasnya sama sekali bila sebuah batu dituangkan air sebanyak apapun yang dilakukan sekaligus. Itulah gambaran dosa besar dan kecil yang diumpamakan seperti air yang dituangkan.

Wallahu ‘alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s