Kisah Abu Bakar ra masuk Islam

abu bakar

Kisah ini diambil dari kitab Usfuriyah. Abu bakar adalah seorang pedagang besar. Kala dirinya pergi ke Syam beliau bermimpi bahwa matahari dan bulan masuk kedalam kamarnya, segera ia meraihnya dan memeluk dengan erat didadanya. Begitu terbangun langsung ia mendatangi pendeta nasrani untuk menanyakan tafsir mimpinya itu.

“Dari mana anda? tanya pendeta. “Dari mekah. Jawab Abu Bakar. “Dari suku apa? tanya pendeta lagi. ” Dari suku Tayyim” kata abu bakar. “Pekerjaan? kata pendeta. “Saya pendeta kata Abu bakar.

Pendeta berkata kepada Abu Bakar : “Akan muncul pada zaman anda, laki-laki dari bani Hasyim. Ia bernama Muhammad dengan julukan Al Amin. Ia menjadi nabi terakhir, andaikata ia tidak ada, maka Allah tidak ciptakan langit, bumi dan seisinya. Juga andai ia tidak ada, maka Allah tidak ciptakan Adam, para Nabi dan Rasul. Anda akan menjadi pemeluk agamanya. Anda akan menjadi pembantu dekatnya. Inilah tafsir mimpi anda.

Pendeta melanjutkan ucapannya: “Sifat dan ciri-ciri laki-laki itu persis saya dapatkan pada kitab Taurat, Zabur dan Injil. Sesungguhnya saya tidak memeluk Islam untuknya, akan tetapi itu saya lakukan dengan sembunyi-sembunyi karena takut pada Nasrani lainnya”

Usai mendengar ucapan pendeta itu, dirinya ingin sekali menemui nabi. Abu bakar segera ke Mekah dan dicarinya Muhammad. Abu Bakar dapat menemukannya dan dirinya sangat mencintai Nabi Saw. Hal itu berjalan lama.

Suatu hari Nabi Saw bertanya: “Setiap hari engkau datang kepadaku, duduk bersamaku, mengapa engkau tidak masuk Islam?. Abu Bakar menjawab : “Jika kau seorang nabi, pastilah engkau punya mujizat”.  Nabi Saw menjawab : “Apa tidak cukup mujizat yang engkau dapatkan dalam mimpimu dan ditafsirkan oleh pendeta yang masuk Islam?  Begitu mendengar ucapan Nabi itu, Abu Bakar langsung mengucapkan syahadat dan memeluk Islam dengan baik.

Abu Bakar Ra adalah sahabat Nabi Saw sebagai Khalifah yang pertama bergelar Assidiq yaitu selalu berkata benar.

2 thoughts on “Kisah Abu Bakar ra masuk Islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s