akal01

Allah menganugerahkan ilmu dan rahasia terkait akal yang tiada habisnya untuk dibahas. Begitu juga saat membicarakan soal akal dan bagian-bagiannya selalu menarik perhatian.

Keterangan mengenai bagian-bagian akal yang nyata dan tersembunyi yang jumlahnya masing-masing 5 itu berasal dari riwayat Aisyah ra dalam uraian Hayatul Qulub yang terdapat pada kitab Duratun Nasihin. Lengkapnya riwayat Aisyah ra tersebut adalah sebagai berikut:

Dari Aisyah ra, ia berkata: Akal terbagai 10 bagian, 5 bagian diantaranya adalah yang nyata atau lahir, sedangkan 5 lainnya tersembunyi atau terpendam.

5 bagian yang nyata atau lahir adalah:

  1. Diamnya. siapa yang diam atau mampu mengendalikan lisan, dia selamat.
  2. Bersifat tenang / sabar
  3. Bersifat rendah hati (tawadhu) dan sopan. Siapa yang tawadhu Allah akan mengangkat derajatnya dan siapa sebaliknya yakni sombong pasti Allah menurunkan derajatnya.
  4. Menyukai mengajak kebaikan dan menjauhi kemungkaran (Amar Ma’ruf Nahi Munkar). Hal ini diutamakan lebih dulu kepada diri, keluarga dan lingkungannya.
  5. Perbuatan baik yang bernilai disisi Allah yaitu Amal Shaleh

Selanjutnya 5 bagian akal yang tersembunyi adalah :

  1. Tafakur, menyenangi untuk selalu merenung akan kebesarandan keagungan Allah
  2. Ibrah (pelajaran), pandai mengambil atau memetik pelajaran dari apa-apa atau kejadian yang dialami umat-umat terdahulu.
  3. Selalu menganggap dosa yang dilakukan sebagai dosa yang besar, sebagai hal yang harus dihindari dan sebisa mungkin tidak dilanggarnya.
  4. Takut kepada Allah dengan taat menjalani perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.
  5. Mengusai dirinya dengan memerangi hawa nafsu dan menaklukkannya.

Wallahu a’lam

Advertisements