Kisah berserah diri seorang Thariq As-Shadiq

DP-BBM-PASRAH-DAN-BERSERAH-02

Thariq As-shadiq dikenal sebagai orang yang berserah diri. Dijuluki demikian, karena suatu peristiwa yang terjadi padanya. Ia pernah terjatuh dalam sebuah sumur tua dan kala itu lewatlah sekelompok orang yang akan berangkat haji. Salah seorang dari kelompok itu kemudian berkata: “sebaiknya kita tutup lubang ini agar tidak ada orang yang terperosok kedalamnya”.

Sekelompok orang itu tidak menyadari kalau Thariq ada didalamnya. Mandengar itu, Thariq as-shadiq tiadalah panik, lalu ia berkata dalam hati: “Kalau memang aku orang yang tulus, aku harus diam.”Maka Thariqpun diam saja. Orang-orang itu pun menutup lubang sumur, kemudian pergi.

Dalam keadaan gelap gulita Thariq berada dalam sumur. Tiba-tiba Thariq menemukan 2 buah lentera, sehingga dengan kedua lentera itu ia dapat melihat sekeliling. Tak lama kemudian, ada seekor ular besar menuju kearahnya. Lalu iapun berkata dalam hati, “ Saat ini, akan kelihatan apakah aku tergolong orang yang tulus atau pendusta?”

Ketika ular itu sampai kepadanya, ia mengira ular itu akan memangsanya. Akan tetapi ternyata ular itu naik kearah bibir sumur, lalu melilitkan ekornya di leher dan kaki Thariq dan berusaha menggendong dirinya keatas. Ular itu kemudian membuka penutup sumur dan mengangkat thariq keluar dari sumur dan meletakkan dirinya diatas tanah.

Belum selesai takjubnya dirinya dibantu oleh ular itu tiba-tiba terdengar suara tanpa wujud berkata: “Ini adalah kasih sayang Tuhanmu, Dia telah menyelamatkanmu dari musuhmu dengan perantaraan musuhmu”. Karena kejadian tersebut, Thariq dijuluki As-shadiq yang tulus menerima segala ketetapan Allah kepadanya.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s