Bahayanya makanan haram bila dikonsumsi anggota keluarga

makanan haram

Firman Allah Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.(Albaqarah:168)

Tulisan ini adalah diambil dari kitab Kun Fayakun Ustadz Yusuf Mansyur yang menyatakan makanan berpengaruh besar terhadap kesehatan anak. Ceritanya adalah sebagai berikut:

Gantini bingung anaknya berbeda dengan anak-anak lainnya. Boleh dibilang Gantini selalu memberikan makanan terbaik kepada anaknya, 4 sehat 5 sempurna ditambah vitamin dan aneka suplemen lainnya, begitupula jadwal olahraga yang cukup.

Yang membuat bingung Gantini si anak malah sakit-sakitan. Sementara anak tetangganya yang hidupnya sangat sederhana jauh juga dari sehat malah jarang terdengar sakit.

Suatu hari Gantini membaca tulisan seorang sufi yang mengulas bagaimana makanan berpengaruh pada anak. Manusia disebutkan memiliki 2 bagian yaitu yang kasar dan halus, yaitu jasad dan rohani. Keduanya penting tidak bisa untuk saling diabaikan.

Bagian yang halus, berupa rohani menghendaki kesucian dan kemurnian. Maka ketika bagian kasar diberikan makanan haram, maka sama saja meletakkan minyak kedalam air tentu tidak dapat menyatu.

Gantini lalu mengadukan kepada Rio  suaminya. Mendengar itu suaminya tersadar dan mengakui bahwa selama ini suka memanfaatkan alat-alat kantor untuk kepentingan order pribadinya. Hasilnyapun lumayan besar dan  tidak pernah dilaporkan kantornya dan itulah yang dibawa pulang dan dimakan keluarga dan anaknya.

Mendengar pengakuan Rio suaminya lemaslah Gantini dan menyayangkan kenapa suaminya tidak pernah cerita. Dia sangat yakin itulah penyebab anaknya sakit-sakitan. Percuma saja gizi yang baik, bila dimata Tuhan itu hanya menjadikan kotoran atau racun karena didapat dari yang haram.

Atas saran istrinya Rio berhenti melakukan praktek curang secara total. Istrinya membesarkan hatinya bahwa lebih baik hidup sederhana namun berkah. Bila murka Allah tertuju kepada diri berdua tiadalah masalah, namun bia itu menimpa buah hatinya tentu akan sangat menyakitkan. Tidak berapa lama setelah itu anaknya mulai tidak sakit sakitan lagi dan tumbuh dengan sehat.

Dari kisah itu disimpulkan bahwa berhati-hatilah terhadap asupan makanan kepada anak. Makanan yang didapat dari belanja yang haram akan berubah menjadi racun, tentu bukan racun sesungguhnya, tetapi racun yang akan masuk dalam aliran darah dari makanan yang tidak suci dan kotor itu.

Bila ini terjadi unsur kotor akan mudah mengalir menguasai tubuh dibanding yang suci. Unsur kotor tiada lain adalah setan. Tentu tidak maukan bila unsur setan lebih menguasai tubuh si anak akibat makanan haram yang diberikan kepadanya?

Wallahu a’lam

3 thoughts on “Bahayanya makanan haram bila dikonsumsi anggota keluarga

    • alhamdulillah dan senang sekali bisa bersilaturahmi…saya mahendra santri beliau dari yayasan menara barokah (malang), hikmah (yogyakarta) dan Hidayah (Jakarta) beliau sudah tiada sejak tahun 1995. Apa itu KH Akhyari yang dimaksud? Kalau boleh tahu rifan sendiri dari mana?

      • alhamdulillah..dibimbing & dipertemukan dg beliau th. 93 s/d 95. masih ingat mas amin, ibnu, bahrul, syaiful, anton, dll. ? pak mahendra sekarang dimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s