Pentingnya perencanaan dalam Islam

planning

Kecanggihan gadget, khususnya media komunikasi dan hubungan antar manusia telah menyebabkan aspek perencanaan menjadi hal yang kurang diperhatikan. Alasan orang sekarang adalah bahwa  itu mudah dan gampang toh semuanya dapat dihubungi dan dapat dipastikan semua akan berjalan baik.

Kenyataannya tidaklah demikian, komunikasi yang diandalkan pada hari H ternyata tidak berjalan sempurna dan orang yang dihubungi harusnya datang juga mengentengkan dengan menjawab ada halangan dan hal lain yang tidak diharapkan terjadi menjadikan acara tidak berlangsung lancar.

Sementara orang dulu yang tidak sepenuhnya bergantung kepada gadget canggih/ media komunikasi terbatas, menjadi  sangat teliti mencatat perencanaan hariannya dari waktu ke waktu jadwal atau agenda kerjanya dengan pola perjanjian kepada orang lain atau mitranya yang jauh jauh hari sudah dilakukannya. Jadi pada saatnya, kala acara berlangsung semua sesuai dengan order / susunannya dan akhirnya dapat berlangsung lancar.

Itulah sebagian kecil dampak teknologi komunikasi, seharusnya dengan teknologi itu hidup semakin mudah, namun mengapa orang yang hidup di masa kini malah menjadi kehilangan waktu, selalu tergopoh-gopoh dan sibuk mondar mandir kesana kemari. Salah satu contoh adalah dalam pemesanan tiket, seseorang harusnya sudah jauh-jauh hari merencanakannya, sehingga dapat tiket promo, lebih murah, tidak mendadak yang akhirnya menguras isi dompet.

Bagitu juga dikala seseorang hendak berangkat, sangat yakin dengan kemampuan kendaraan masa kini yang serba cepat, padahal yang namanya di jalan ada saja hambatannya, akhirnya terlambat chek in dan ditinggal pesawat. Begitu juga saat membantu keluarga atau saudara yang jatuh sakit, karena tidak memiliki rencana dan antisipasi terkait rujukan rumah sakit atau dokter terdekat, karena menggampangkan dan yakin media menyediakan itu semua, bisa jadi kita dapat kehilangan nyawa karena terlambat membawanya berobat.

Ketika hal-hal itu terjadi mungkin yang ada dalam pikiran adalah menyalahkan diri sendiri, orang lain dan lingkungan dan yang lebih parah menyalahkan Allah Swt,  Tidak aneh bila orang sering mengatakan bahwa penyesalan datang terlambat. Mencari-cari kesalahan pada diri sendiri, pada orang lain atau bahkan kepada Allah tidak akan bisa merubah apapun yang sudah terjadi.

Lantas apa yang harus dilakukan, segera cermati penyebab atau akar permasalahannya, karena tidak ada akibat tanpa adanya sebab. Sebagai contoh akibat membayar tiket yang mahal, sebenarnya dapat dilakukan dengan memesan tiket jauh jauh hari. Akibat terlambat mengejar pesawat, sebenarnya dapat dilakukan dengan berangkat lebih awal. Akibat tidak selamatnya nyawa saudara sebenarnya dapat tertolong bila diantisipasi secara cepat dengan  membawanya berobat.

Lalu apa semua itu? itu adalah karena tiadanya atau kurangnya perencanaan. Dengan perencanaan banyak hal yang tidak diharapkan dapat dihindari dan apa yang menjadi tujuan Insya Allah dapat tercapai.

Perencanaan bukan suatu yang sulit, permasalahannya karena cenderung meremehkan sehingga kegagalan lebih dekat karena kurangnya perencanaan.  Oleh karena itu jika tidak ingin gagal mulai merencanakan sesuatu dengan matang dan cermat. Dan menjadi seseorang yang ahli perencanaan tidaklah ujug ujug melainkan dengan proses memulainya dari yang kecil dengan selalu mengusahakan tertib dan bertanggung jawab dalam setiap urusan.

Sebagai orang Islam sudah tentu terbiasa tertib, efisien geraknya dan cermat yang semuanya tercermin dalam ibadah yang dilakukannya. Jauh dari sifat tergesa-gesa, tergopoh gopoh, mondar mandir dan sibuk tiada karuan, padahal sudah didampingi oleh gadget mahal dan andal yang menopang hidupnya.

Hendaknya sesibuk apapun dalam urusan hendaknya tetap mengingat tujuan hidup yaitu akhirat sesuai hadits yang diriwayatkan dari Imam Al Hasan, ia berkata : “Tanda bahwa Allah menjauh dari seseorang yaitu apabila orang itu sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna bagi kepentingan akhiratnya”.

Walllahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s