Sikap batin dalam shalat menurut Gazali

Shalat

Sikap lahir dengan adanya pemahaman mengenai tata cara dan gerakan shalat yang sesuai dengan tuntunan hampir sebagain besar sudah dipahami. Namun demikian perlu diketahui beberapa hal terkait sikap batin dalam melaksanakan shalat.

Imam Gazali menyampaikan bahwa sikap batin yang diulas para ulama banyak sekali, dan menurutnya semua itu dapat diringkas menjadi 6 perkara saja yaitu:

  1. Menghadirkan hati. Maksudnya supaya hati dapat dikosongkan dari hal yang tiada sangkut pautnya dengan shalat. Antara gerak jasmani berikut nafsu utamanya fikiran kiranya dapat dipimpin oleh hati.
  2. Mengerti arti atau makna bacaan shalat. Maksudnya adalah mengerti makna dan apa-apa yang tersurat dan tersirat dari bacaan shalat. Ilmu yang diperoleh dari makna bacaan shalat itu akan mampu mencegah diri dari perbuatan keji dan mungkar.
  3. Memahaagungkan Allah dalam shalat. Amalan ini hanya dapat dilakukan dengan pemahaman atas 2 makrifat yaitu pertama makrifat kepada Allah pada keagungan, kebesaran dan kemuliaan Allah dan kedua makrifat kepada keberadaan diri terkait dengan kehinaan dan kerendahan diri di hadapan Allah.
  4. Menghadirkan ketakutan dan ketakwaan kepada Allah. Ketakutan adalah didasarkan kepada kemutlakan kekuasaan dan kehendakNya semata atas segala sesuatu yang diciptakanNya.
  5. Berpengharapan kepada Allah. Maksudnya tiada berpuas diri untuk mengejar kebaikan Allah seperti pahala yang dikaruniakan dan janji Allah yang pasti diberikan kepada hambaNya yang takwa berupa surga.
  6. Malu. Maksudnya adalah  dengan mengingat diri yang suka lalai dalam beribadat dan jiwa yang lemah akan menimbulkan rasa malu kepada Allah. Sifat malu ini akan menguat bila diri mampu mengetahui ilmu terkait cela dan kelemahan yang ada pada diri.

Demikianlah beberapa sikap batin dengan beberapa sifat-sifatnya itu. Setiap kali sifat-sifat itu hendak dihasilkan, maka perlu mengetahui penawarnya dengan mendatangkan sebab-sebabnya. Dengan mengetahui sebab-sebabnya maka pasti akan diperoleh obatnya. Sebab-sebab yang pasti dari diri adalah adanya keimanan serta keyakinan yang mantap didalam hati.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s