Keterkaitan pekerjaan hati, lisan dan anggota tubuh pada manusia

Anatomy_01

Dari kitab Duratun Nasihin.  Ketahuilah manusia memiliki 3 perkara pekerjaan dan disitulah aneka kebaikan tersimpan. 3 pekerjaan itu adalah sebagai berikut :

  1. Pekerjaan hati yakni attasdiq yang artinya selalu membenarkan, namun hal itu tidak dapat didengarkan dan dilihat hanya dapat difahami dan dimengerti
  2. Pekerjaan lisan / ucapan yang dapat didengar
  3. Pekerjaan anggota tubuh lainnya yang merupakan pekerjaan yang nyata yang dapat diketahui dan dilihat.

Tugas manusia adalah bagaimana dapat memberdayakan keterkaitan dan menghimpun ketiganya sehingga dapat menjadi perbuatan baik (Amal shaleh).

Sebagai contoh dengan pekerjaan telinga,  Allah akan menjadikan telinga yang tidak dapat mendengar menjadi mendengar. Lalu dengan mata, Allah akan menjadikan mata yang sebelumnya tidak dapat melihat menjadi melihat. Dan dengan pekerjaan hati, Allah akan menjadikan hati yang tiada merasakan menjadi merasakan (peka).

Karena itu pentingnya melatih diri (riyadhah) pada 3 pekerjaan itu dengan beribadah secara teratur dan disiplin sebab pahala amal baik seseorang sedikitpun Allah tidak bakal mengurangi. Malahan Allah melipat gandakan pahalanya, mengangkat derajatnya dan mengantarkannya ke surga.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s