3 golongan orang yang dicintai Allah

Allah SWT

Dalam hadist Qudsi dijelaskan mengenai 3 glongan orang yang dicintai Allah. Nabi Saw menyebutkan bahwa kepada orang itu Allah akan mengkhususkan dengan selalu menambahkan cinta dan rahmatNya. 3 golongan  orang itu adalah :

  1. Seseorang yang memberikan sedekah secara sembunyi-sembunyi atau secara rahasia. Golongan orang ini dalam riwayat hadist yang lain juga merupakan salah satu dari 7 golongan yang akan mendapat perlindungan Allah dimana tidak ada lagi perlindungan di hari kiamat yaitu : Orang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dibelanjakan tangan kanannya.
  2. Seseorang yang terjaga di malam hari dikala manusia lainnya banyak yang terlelap dalam tidurnya. Ia kemudian mengingat Allah dan membaca ayat-ayatNya didalam shalat atau ibadah lainnya.
  3. Seseorang yang menghadapi musuh setelah ia lari dari teman-temannya, ia kemudian kembali maju perang sampai terbunuh atau menang. Perbuatan manusia serupa ini akan menguatkan semangat kaum muslimin dan menggugah keberanian orang-orang yang telah lari dari medan perang untuk maju ke garis pertempuran bersama-sama. Pertempuran utamanya adalah melawan musuh yang merintangi kepentingan kaum muslimin.

Hadis ini adalah riwayat Abu Dzar ra ia berkata bahwasanya Nabi Saw bersabda:

3 orang yang dicintai Allah yaitu, seseorang yang mendatangi  suatu kaum, ia meminta kepada mereka dengan nama Allah, tidak meminta karena kekerabatan antara dirinya dengan mereka. Namun mereka mencegahnya, lalu ada seseorang yang mengiringi dia memberi secara rahasia, yang hanya diketahui oleh Allah yang maha besar dan orang yang diberinya.

Dan suatu kaum yang berjalan di malam hari sehingga ketika ia lebih senang tidur apa yang sedang mereka jalankan, mereka singgah dan meletakkan kepala mereka, lalu diantara mereka ada seorang yang bangun untuk merendahkan diri kepadaKu dan membaca ayat-ayatKu.

Dan sesorang yang berada didalam pasukan mereka bertemu musuh, lalu mereka berbalik ke belakang, namun ia maju lagi sehingga ia terbunuh atau mendapat kemenangan.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s