Makna puasa di bulan Rajab

puasa-rajab_20150420_182722

Rajab adalah salah satu dari 4 bulan haram yang ditetapkan Allah yaitu Dzulqaidah, Dzulhijah dan Muharram . Pelanggaran didalam bulan haram adalah amat berat demikian pula ketaatan yang dilakukan dalam bulan itu juga akan berlipat.

Sabda Nabi : Kembalilah kepada Tuhanmu bertaubatlah, mohon ampun dari segala dosamu, menghindarlah kamu dari laku maksiat dalam bulan haram.

Ini ada kisah orang yang mengabaikan dan tidak mengambil manfaat keutamaan bulan Rajab, walaupun hanya mengamalkan amalan ringan misalnya 1 hari berpuasa dibulan itu.

Kisah ini diriwayatkan oleh Tsaubah Ra katanya dikala saya berjalan bersama Nabi Saw melewati suatu kuburan, beliau menangis dan berdoa, ketika hal itu kutanyakan, beliau menjawab : Ya Tsaubah, mereka yang berada dikubur itu tengah menderita siksa,lalu aku berdoa dan Allah meringankan siksa mereka. 

kemudian Nabi Saw bersabda: Ya Tsaubah seandainya mereka berpuasa sehari saja di bulan Rajab dan tiada tidur dimalamnya pasti mereka tidak menderita siksa kubur. Lalu akupun bertanya: Ya Rasul benarkah berbuat demikian dapat meringankan siksa kubur?.

Jawabnya : Ya Tsaubah demi Allah yang mengutusku menjadi Nabi tiada seorang muslim pria dan wanita puasa sehari dibulan Rajab dan beribadah dimalamnya secara ikhlash karena Allah kecuali Allah mencatatnya seperti beribadah satu tahun puasa disiang hari dan beribadah shalat di malam hari.

Disamping dapat menghindari siksa neraka, amalan puasa Rajab juga dapat menghilangkan lapar yang amat sangat yang terjadi di hari kiamat. Dalam suatu hadis diriwayatkan bahwa kelak di hari kiamat semua manusia mengalami hal demikian, kecuali orang yang berpuasa Rajab, Sya’ban dan Ramadhan mereka tetap dalam keadaan tenang, tidak merasa lapar dan dahaga (Zubdaitul Waidhin dalam kitab Duratun Nasihin).

Memang dari  hadis adalah sanadnya lemah dalam hal keutamaan  berpuasa di bulan Rajab,  yang ada adalah puasa di bulan itu adalah tradisi yang biasa saya jalankan. Hal penguat yang mendasari puasa di bulan Rajab adalah tuntunan Nabi Saw yang menyukai melakukan ibadah puasa dalam mengagungkan  bulan-bulan Haram.

Nabi Saw bersabda: Puasalah pada bulan-bulan Haram (HR Abu Dawud, Ahmad,  Ibnu Majah)

Tradisi di masyarakat yang saya ingat sekitar puasa Rajab dan tiada salah juga diikuti adalah bila  1 hari berpuasa akan mendapat ganjaran selama 1 tahun, puasa 7 hari, maka akan ditutup pintu neraka, puasa 8 hari akan dibuka pintu surga dan puasa 10 hari, maka akan dikabulkan permintaannya. Ini adalah sesuai hadis yang diriwayatkan Imam Thabrani Ra terkait ganjaran bagi yang berpuasa pada bulan Rajab.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s