Pemabuk yang mendapat ampunan Allah

hati-hati kalau calonmu kecanduan

Al Kisah di Basra, seorang pemabuk meninggal dunia. Karena kelakuan mabuknya itu, tidak satupun warga yang mau mengurus jasadnya, kecuali istrinya.

Untuk menguburkan jenazah suaminya itu,  dia terpaksa mengupah orang lain. Dibawanyalah jasad suaminya itu  kesuatu tempat di kaki bukit dekat kota itu untuk disemayamkan disana.  Tidak jauh dari tempat itu disuatu bukit, hiduplah seorang zahid yang terkenal.

Mendengar ada seorang jenazah dikaki bukit, orang zahid itu bergegas  turun untuk memberikan bantuan proses penguburan jasad dimana tiada warga satupun yang mau mengurusnya. Melihat orang zahid itu, menjadi heran dan takjublah warga sekitar dan penasaran mengenai apa keistimewaan jasad pemabuk itu. Sebelum mendapatkan jawaban para warga kemudian tergerak membantu proses penguburan jasad pemabuk itu hingga usai.

Selesainya pemakaman, bertanyalah seorang warga: “Apa yang mendorong engkau membantu mengebumikan jasad pemabuk ini? Orang Zahid menjawab : Saya sendiri tidak tahu perihal jasad ini adalah seorang pemabuk,kecuali itu memang diperintahkan Allah kepadaku untuk menemui seseorang yang telah Allah ampuni disini”.

Kemudian orang Zahid itu menemui istri pemabuk dan menanyakan: “Bagaimana keseharian dan kelakuan suamimu sebenarnya? Istrinya menjawab : “Benar memang suamiku seorang pemabuk. Orang zahid lantas bertanya lagi : Adakah amal baiknya selain mabuk?

Jawab Istrinya : “Tidak ada sepengetahuanku, hanya kala sadar ketika datang waktu shubuh, ia melakukan shalat, namun tak lama kemudian ia mabuk lagi. Hanya saja dirumahnya selalu tidak pernah sepi satu atau dua anak yatim yang disayanginya melebihi anaknya sendiri.

Adakalanya ketika sadar dia acap berdoa seperti ini : “Ya Allah dibagian manakah dari jahannam yang akan engkau berikan bagi diri yang jahat ini?”(Irsyadul Ibad)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s