Inilah 5 hal prilaku buruk yang akan menjangkiti setiap pengumpul harta

harta

Sufyan Ats Tsauri Ra berkata : Pada zaman ini tidak ada seorangpun yang mengumpulkan harta kecuali baginya 5 hal tercela yaitu :

  1. Panjang angan-angan
  2. Dikuasai sifat tamak
  3. Sangat bakhil
  4. Kurangnya sifat wara’
  5. Lupa akan akhirat

Orang yang cinta terhadap dunia itu tercela, sedangkan orang yang memburu dunia melebihi keperluan hidupnya adalah hina. Namun demikian Islam adalah agama tengah-tengah, tidaklah terlalu membenci dunia, karena memang diri tidak dapat lepas darinya. dan tidaklah terlalu menyenangi dunia, karena disitulah diri sering terpedaya karena kelezatan dan keindahannya.

Nabi Saw bersabda:  Orang yang paling baik diantara kalian bukanlah orang yang meninggalkan urusan dunianya untuk akhirat dan bukan pula orang yang meninggalkan akhirat untuk dunianya. Akan tetapi orang yang paling baik adalah orang yang mengambil dari dunia dan juga dari akhirat. (HR Ad Dailami dan Ibnu Assakir)

Karena itu penting seorang muslim memahami peran dan fungsi sebenarnya dunia yang bukan sebagai tujuan, namun sebagai sarana atau alat bagi dirinya dalam beribadah kepada Allah.

Sabda Nabi saw : Sebaik-baik kendaraan adalah dunia, maka naiikilah, niscaya ia dapat mengantarkan kalian sampai akhirat. (HR Al Mawardi)

Ali bin Abi Thalib pernah mengatakan: Dunia ini adalah tempat kebenaran bagi yang jujur terhadapnya, tempat keselamatan bagi yang benar-benar mengerti tentang perihalnya dan tempat kekayaan bagi orang yang mau menjadikannya bekal di akhirat.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s