surah-az-zalzalah-the-earthquake-1-728

Imam Qurthubi menyampaikan bahw ada 3 surat dalam al quran yang membacanya beberapa kali sama dengan membaca seluruh al Quran yang diberikan kepada 3 surat yaitu: Al Zalzalah (surat ke 99), Al Kafirun (surat ke 109) dan Al Ikhlash (surat ke 112):

Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa, Nabi Saw bersabda :

Barang siapa membaca surat Idza Zulzilat, maka baginya sama dengan setengah Al Quran, barang siapa membaca Qul ya ayyuhal kafirun, maka baginya sama dengan seperempat Al Quran dan barang siapa membaca Qul Huawallahu Ahad maka baginya sama dengan sepertiga Al Quran.

Dari Abdullah bin Amr bin Ash bahwa seorang lelalki datang kepada Rasulullah Saw, lalu berkata: Bacakanlah untukku wahai Rasulullah : Lalu Rasulullah Saw bersabda:

Bacalah tiga surat yang mempunyai Alif Lam Ra, Laki-laki itu berkata: Usiaku sudah lanjut dan lidahku pun telah berat. Rasulullah Saw bersabda lagi: Bacalah surat yang mempunyai Sabbaha. Laki-laki itupun mengucapkan demikian. Namun wahai Rasulullah, bacakanlah untukku surat yang sudah menghimpun semuanya, lalu aku membacanya, Rasulullah Saw bersabda: Apabila bumi telah diguncangkan dengan goncangannya yang dahsyat…sampai akhirnya: Barang siapa membaca kebaikan sebesar biji sawi, niscaya ia melihatnya. Dan barang siapa beramal keburukan sebesar biji sawi, niscaya ia melihatnya (Surat Al Zalzalah).

Lalu orang itu berkata : Demi dzat yang mengutusmu, dengan membewa kebenaran sebagai Nabi, aku tak perduli, aku tidak menambahnya sampai aku bertemuĀ  dengan Allah Azza wa jalla…dan disebutkan kelanjutan hadisnya, didalamnya disebutkan Rasulullah Saw bersabda: Laki-laki ini telah beruntung .

Wallahu a’lam

Advertisements