Keutamaan surat Al Kahfi

al-kahfi1

Imam Qurthubi menyebut banyak keutamaan dalam membaca ayat ayat yang ada dalam surat Al Kahfi. Surat Al Kahfi adalah surat ke 18 yang bersi kisaha Ashabul Kahfi. Beberapa keutamaan dari ayat-ayat dalam surat Al Kahfi adalah sebagai berikut:

Sumber bagi ketenangan

Dalam hadist riwayat Al Bara’, ia berkata: Ketika ada seorang laki-laki sedang membaca surat al Kahfi tiba-tiba ia melihat binantang kendaraannya berlari. Lalu ia melihat tiba-tiba ada awan atau mendung. Lalu ia datang kepada Rasulullah Saw dan melaporkan hal itu.

Rasulullah Saw bersabda: Itu adalah ketenangan yang diturunkan karena Al Quran atau turun karena Al Quran (HR Attirmidzi)

Mendapatkan penjagaan dari Dajjal

Hadist dari Abu Darda bahwa

Nabi Saw bersabda : Barang siapa membaca tiga ayat dari awal surat Al Kahfi, ia dijaga dari Dajjal (HR Attirmidzi)

Hadist Muslim juga mengatakan : Barang siapa mendapatkannya, yakni Dajjal, hendaklah ia membaca awal surat Al Kahfi.

Ampunan  dari jumat hingga jumat berkutnya

Ishak bin Abdullah bin Farwah berkata: Sesungguhnya Nabi Saw bersabda:

“Maukah kalian aku tunjukkan sebuah surat yang diikuti sepuluh ribu malaikat yang memenuhi ruang antara langit dan bumi, dan bagi orang yang membacanya juga seperti itu? mereka menjawab: Benar wahai Rasulullah. Beliau bersabda: ” Surat Ashabul Kahfi”. Barang siapa membacanya pada hari jumat, Allah mengampuninya hingga jumat berikutnya dengan tambahan tiga hari, Allah memberinya cahaya yang sampai ke langit, dan Allah menjaganya dari fitnah Dajjal.

Disinari cahaya antara dirinya hingga Ka’bah

Muadz bi Anas berkata bahwa Nabi Saw bersabda  :

Barang siapa membaca awal surat Al Kahfi dan akhirnya, maka baginya cahaya dari kepala hingga kaiknya. Dan Barang siapa membaca semuanya pada malam hari, baginya cahaya dari langit sampai ke bumi.

Al Waili, Ad Darimi dan Abu Sa’id al Khudri ia berkata : Barang siapa membaca surat al kahfi pada malam jumat, ia disinari cahaya antara dirinya dan baitul Atiq (ka’bah).

Perlindungan terhadap kaum Musyrikin

Kaab berkata : Nabi saw melindungi diri kaum Musyrikin dengan tiga ayat yang ada didalam surat al Kahfi:

Firman Allah : Sesungguhnya Kami telah menjadikan tutup atas hati mereka sehingga mereka tidak memahaminya dan Kami telah menjadikan pula ditelinga mereka sumbatan. Dan sekalipun kami menyeru kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapatkan petunjuk selama-lamanya. (Al Kahfi : 57)

Pembangun dalam shalat Malam

Dari Ibnu Abbas, seorang laki-laki berkata kepadanya: Aku berniat untuk bangun satu jam dimalam hari. Lalu aku tertidur lelap. Ibnu Abbas berkata: Apabila kamu ingin bangun tengah malam jam berapapun yang dikehendaki, maka jika kamu hendak ke pembaringan bacalah : Katakanlah seandainya laut sebagai tinta bagi kalimat-kalimat Tuhanku (Al Kahfi : 109) sampai akhir surat, maka Allah akan membangunkanmu kapanpun kamu menghendaki dibangunkan pada  malam itu.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s