Keutamaan surat Arrahman

ar-rahman

Arrahman merupakan surat ke 55 dalam Al Quran dan dikenal juga sebagai pengantinnya Al Quran, terkait banyaknya nikmat yang disebutkan. Ali Karramallahu Wajhah meriwayatkan bahwa

Nabi Saw bersabda: Setiap sesuatu ada pengantinnya dan pengantin Al Quran adalah Arrahman.

Allah berfirman kepada Jin dan Manusia didalam menyebutkan nikmat tersebut dalam ayat :

Firman Allah: “Maka nikmat Tuhan kamu (berdua) manakah yang kamu dustakan” (Arrahman : 16)

Dalam firman ini ada pertanyaan yang memerlukan jawaban dari keduanya yaitu Jin dan Manusia. Nabi Saw  memuji jawaban Jin karena bagusnya jawaban yang diberikan pada saat Nabi Saw membacakan ayat ini.

Saat Rasulullah membacakan ayat ini kepada para sahabatnya dari awal hingga akhir, mereka semua diam. Lalu Nabi Saw bersabda: Aku telah membacakan surat ini kepada Jin pada malam Jin. Setiap aku sampai kepada Firman Allah : Fabi ayyi ala’i rabbikuma Tukadziban (Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?) mereka berkata. Tidak ada suatu nikmat Tuhan kami yang kami dustakan, maka hanya bagimulah segala Puji.

Dalam cerita yang telah sampai kepada kami dari orang-orang terdahulu, didalamnya ada ayat yang dibacakan kepada anjing apabila dibawa seseorang, maka anjing itu tidak akan menyakitinya dengan ijin Allah. :

Firman Allah : Hai Jamaah Jin dan Manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan (Arrahman : 33)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s