Kaitan tobat dan wudhu

wudhu-dan-bersuci

51eb8f3928abb_51eb8f3929a56 Tobat dan wudhu memiliki kaitan erat, terkait dengan arti dan  sifatnya  bahwa tobat dan wudhu sangat erat kaitannya  sebagai proses untuk mensucikan diri kembali kepada Allah.

Tobat dan wudhu (bersuci) juga digandengkan sepadan sesuai Firman Allah:

Sesungguhnya Allah menyintai orang orang yang bertobat dan menyintai orang-orang yang bersuci “(Albaqarah: 222)

Dalam pengertian lain hal ini dapat diartikan bahwa sesoleh apapun seseorang pasti menyimpan kesalahan dalam kesehariannya. Oleh karena itu yang paling dicintai Allah itu bukanlah orang yang bersih, tetapi orang yang selalu berusaha untuk membersihkan diri setiap waktu.

Anjuran itu benar adanya, karena dalam sebuah hadits nampak erat hubungan tobat dan wudhu sebagaimana yang diriwayatkan Abdullah Ash-Shanaji r.a, Rasulullah Muhammad saw bersabda :

“Apabila seorang hamba berwudhu, lalu berkumur, maka dikeluarkanlah kesalahan-kesalahan itu dari mulutnya. Apabila ia memasukkan air ke rongga hidung, maka keluarlah kesalahan-kesalahan itu dari hidungnya.

Apabila ia membasuh wajahnya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan yang pernah ia perbuat dari wajahnya, yaitu dari bawah tempat tumbuhnya rambut dan dari kedua matanya. Apabila ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan itu dari kedua tangannya, yaitu dari lubang atau celah kuku-kuku tangannya.

Apabila ia mengusap kepalanya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan dari kepalanya, yaitu dari kedua telinganya. Apabila ia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan tersebut dari kedua kakinya, yaitu dari lubang atau celah kuku-kuku kakinya. Kemudian perjalanannya ke mesjid dan shalatnya akan menjadi nilai ibadah tersendiri baginya.” (HR. Imam Malik, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Al-Hakim).

Maka ketika berwudhu, alangkah bijaksananya jika kita pun membayangkan kembali dosa-dosa yang pernah dilakukan, terutama oleh bagian dan anggota tubuh yang dibasuh air wudhu itu seraya diiringi dengan istighfar, memohon ampun kepada Allah swt.

Begitu juga dikala membaca doa wudhu yang lengkap tercermin hubungan erat antara tobat dan wudhu:

Wahai Tuhanku, jadikanlah aku orang yang tobat dan suci bersih, maha suci Engkau wahai Tuhanku dan maha terpuji. Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku mohon ampun kepadaMu lalu bertobat. Wahai Tuhanku, ampunilah kiranya dosaku dan berilah kelapangan kepada rumah tanggaku dan berilah berkat kepada rezekiku (HR At Tarmidzi)

Wallahu a’lam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s