Al Quran sebagai penolak bencana

al-quran1

Imam Qurthubi menyampaikan bahwa Allah tidak atau mengurungkan niatNya untuk menyiksa penduduk bumi saat mendengar adanya anak-anak yang belajar Al Quran.

Sabda Nabi Saw. Sesungguhnya Allah ingin menyiksa penduduk bumi, Apabila Dia mendengar pengajaran hikmah kepada anak-anak maka Dia berpaling dari menyiksa mereka (HR Darimi)

Disebutkan oleh Imam Qurthubi bahwa yang dimaksud hikmah itu adalah Al Quran.

Hal yang persis sama juga diriwayatkan saat Allah akan menurunkan azabnya pada usatu kaum tiba-tiba terdenga seorang anak mengucap hamdalah, maka Allah mengurungkan hal itu.

Dari Hudzaifah bahwasanya Nabi Saw bersabda: Sesungguhnya ada suatu kaum yang hendak dituruni azab oleh Allah sebagai suatu ketentuan. Lalu salah seorang anak mereka berkata : “Alhamdulillahi Rabbil alamin”. Allah mendengarnya lalu mengangkat azab itu dari mereka selama 40 tahun.

Imam Qurthubi menjelaskan bahwa dari arti apa yang disebutkan oleh Ahmad bin Ali Tsabit Al Hafizh dari Isa bin Abi Fathimah ar Razi, ia berkata: Aku mendengar Malik bin Anas berkata,  Apabila seorang penghasut melancarkan hasutan maka Allah yang maha Pengasih sangat marah lalu para malaikat turun dan menempati segala penjuru bumi.

Mereka senantiasa membaca : Qulhuawallahu Ahad: Katakanlah Allah Maha Esa.

Sampai kemarahan Allah itu reda kembali.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s