Keutamaan Bulan Ramadhan

islamique-de-dessin-vectoriel-ramadhan-calligraphie

Setelah bulan Rajab, Sya’ban selanjutnya kita akan menghadapi bulan Ramadhan. Bulan ini adalah bulan yang ditunggu-tunggu, sebagai bulan penuh kemuliaan dan ganjarannya tiada lain adalah kemenangan.

Beberapa keutamaan bulan Ramadhan  adalah :

Ramadhan adalah Bulan diturunkannya Al Quran.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan yang diawajibkan seluruh umat Islam berpuasa dan pada bulan ini diturunkan Al Quran.

Firman Allah : (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, …(Al Baqarah : 185)

Ibnu Kasir Ra takkala menafsirkan ayat yang mulia ini mengatakan : (Dalam ayat ini) Allah memuji bulan puasa yaitu bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya. Allah memuji demikian karena bulan ini telah Allah pilih sebagai bulan diturunkannya Al Quran.

Sabda nabi Saw : seandainya umatku tahu sesuatu yang tersembunyi dalam bulan Ramadhan. Pasti mereka berharap seluruh bulan dalam setahun menjadi bulan Ramadhan sebab ia menghimpun segala kebaikan dan taat yang dikabulkan, doa-doa dipenuhi (mustajab) segala laku dosa diampuni dan syurga merindukan mereka.

Keutamaan Ramadhan juga disampaikan Allah kepada Nabi Musa As; Sungguh aku telah memberi 2 Nur kepada umat Muhammad, supaya mereka tidak terancam 2 kegelapan. Lalu Nabi Musa bertanya: Apa yang dimaksud dengan 2 nur itu ya Tuhanku? JawabNya:Yaitu Nur Ramdhan dan Nur Al Quran. Kemudian Musa bertanya lagi: Apa yang dimaksud dengan 2 kegelapan itu? JawabNya: Itulah kegelapan di alam kubur dan kegelapan di hari Kiamat.

Sebagaimana pula pada bulan Ramadhan ini Allah telah menurunkan kitab Ilahiyah lainnya dari Nabi Alaihissalam.

Dalam kitab Hayah diceritakan kalau shuhuf nabi Ibrahim diturunkan pada malam awal Ramadhan, Kitab Taurat kepada Nabi Musa As pada 6 Ramadhan (terpaut 700 tahun dari shuhuf Ibrahim) Kitab Zabur kepada Nabi Daud pada 12 Ramadhan (Terpaut 500 tahun dari Taurat) Injil kepada Nabi Musa pada malam 18 Ramadhan(terpaut 1200 dari Zabur). Sedangkan Al Quran pada malam 27 Ramadhan (terpaut 620 tahun dengan injil.

Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan.

Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu Lailatul Qadar (malam kemuliaan).

Firman Allah : Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (Al Qadar 1-3).

Dan firman Allah dalam ayat yang lain:

sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. (Addukhan : 3)

Menurut Ibnu Abbas nahwa malam yang diberkahi tersebut adalah malam lailatul Qadar.

Setan setan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu syurga dibuka ketika Ramadhan tiba

Nabi Saw bersabda : Apabila Ramadhan tiba pintu syurga di buka, pintu neraka ditutup dan setanpun di belenggu (HR Muslim).

Syeikh Ibnu Utsaimin Ra berkata : pintu-pintu syurga dibuka bulan ini karena banyaknya amal shaleh dikerjakan sekaligus untuk memotivasi umat Islam melakukan ibadah.

PIntu pintu neraka ditutup karena sedikitnya maksiat yang dilakukan oleh orang-orang beriman. Setan-setan diikat kemudian dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti di bulan-bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah salah satu waktu dimana doa dikabulkan

Nabi Saw bersabda: Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan. dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.

Marhaban ya Ramadhan

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s