Keutamaan Puasa Ramadhan

 Ucapan Selamat Puasa Ramadhan

Firman Allah : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Al Baqarah 183)

Bagi setiap mukmin seyogyanya menyambut Ramadhan dengan suka cita dengan memulyakan dan menghormatnya dengan cara memelihara diri dari perbuatan mungkar dan menyibukkan diri dengan berbagai amal ibadah dengan taat melaksanakan shalat, dzikir dan banyak membaca Al Quran.

Diri juga harus ditanya apakah secara jujur dan sportif bergembira dengan datangnya bulan yang mulia ini. Jawabannya adalah pada diri masing-masing. Namun Nabi Saw menyampaikan bahwa seorang mukmin pastinya akan suka cita dan lega hatinya dengan datangnya bulan Ramadhan dengan melakukan seperti diatas:

Nabi Saw bersabda: Siapa yang lega hatinya menyambut kehadiran Ramadhan, pasti Allah mengharamkan tubuhnya atas neraka apa saja.

Kelegaan hati terkait akan datangnya ampunan atas dosa yang diperbuat sebelumnya dan datangnya rahmat Allah kepada hambaNya yang beriman.

Sabda Nabi Saw :Pada malam pertama Ramadhan, Allah berfirman: Siapa yang mencintaiku pasti akupun mencintainya, siapa mencari rahmatKu pasti rahmatKupun mencarinya dan siapa beristighfar kepadaKu pasti aku mengampuninya.

Berkat hormat kepada Ramadhan lalu Allah menyuruh malaikat mulai mencatat amal khusus dalam bulan Ramadhan supaya menulis amal kebaikan semata tidak mencatat laku kejahatan mereka umat Muhammad dan Allah menghapus dosa-dosa terdahulu mereka.

Puasa Ramadhan

Nabi Saw Bersabda : segala amal perbuatan manusia adalah hak miliknya, kecuali puasa. Sebab puasa adalah bagiKu dan Akulah yang membalasnya.

Lebih lanjut disampaikan hadist lainnya soal keutamaan puasa adalah :

Surga sangat rindu terhadap 4 macam manusia yaitu : Pembaca Al Quran, Pemelihara lisan dari ucapan keji dan mungkar, Pemberi makan bagi orang yang lapar dan mereka yang ahli puasa di bulan Ramadhan.

Puasa Ramadhan adalah erat kaitannya dengan karunia Allah berupa amalan unggulan kepada Umat Muhammad dibanding umat lainnya.

Sabda Nabi Saw: 5 perkara diberikan kepada umat Muhammad yang tidak pernah diberikan kepada umat yang lain yaitu :

  1. Allah memandang umat ini peniuh rahmat pada malam pertama Ramadhan, padahal siapa yang dipandang penuh rahmat, maka Allah tidak bakal menyiksa selama-lamanya.
  2. Para malaikat bersitighfar bagi umat ini, atas perintah Allah.
  3. Sungguh bau mulut ketika orang berpuasa di sisi Allah diganti dengan ganda harum melebihi minyak kasturi.
  4. Allah berfirman menyuruh syurga menghias diri dan beruntunglah bagi hambaKu yang mukmin sebab mereka adalah para wali/kekasihKu.
  5. Allah mengampuni seluruh umat ini (Umat Muhammad)

Keutamaan puasa 1. Puasa adalah perisai

Sabda Nabi Saw : Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka (HR Ahmad dan Baihaqi)

2. Orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang tidak terhingga.

Puasa adalah amalan rahasia antara Tuhan dan hambaNya. Hal ini adalah terkait  amalan Ikhlash yang dilakukan sehingga  tidak diketahui malaikat sehingga malaikat tidak bisa mencatatnya dan tidak diketahui setan, sehingga ia tiada kuasa merusaknya.

Amalan rahasia serupa ini ganjarannya adalah luar biasa terkait amalan puasa yang dilakukan secara rahasia dan ikhlas itu.

Sabda Nabi Saw:  Adalah ketika hari kiamat nampaklah suatu jamaah yang melayang-layang terbang dengan sayapnya seperti burung, diatas pagar-pagar syurga. Lalu petugas pengamanan syurga berkata: Maaf kalau boleh tahu siapakah sebenarnya anda anda ini . Jawab mereka : Kami adalah jamaah dari umat Muhammad.

Berkata lagi : lalu tolong beritahu aku, bagaimana dengan hisab amal anda.? Jawab mereka : Ia kami tidak terkena hisab, kami lolos dari hisab. Bertanya lagi: Kemudian bagaimana dengan lintasan shirat anda? Jawab mereka: Tidak kamipun tidak melewati shirat.

Petugas syurga dibuat makin tercengang oleh mereka, akhirnya bertanya: Nah kenapa anda bisa sampai pada kedudukan tertinggi ini. Jawab mereka : Kami dulu sewaktu hidup didunia beramal dan taat beribadah  kepada Allah dengan penuh rahasia, maksudnya melaksanakan amal tanpa pamrih, tanpa dorongan biar dipuji. Demikian pula kami dialam kekal ini, diantarkan ke syurga secara rahasia pula.

3. Orang berpuasa akan mendapatkan 2 kebahagiaan

Sabda Nabi Saw : Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya (HR Bikhari dan Muslim)

4. Puasa akan memberikan syafaat bagi yang menjalaninya.

Nabi Saw bersabda: Puasa dan Al Quran itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata: Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya. Da Al Quran berkata : Saya telah melarangnya dari tidur dimalam hari, karenanya perkenankan aku untuk meberi syafaat kepadanya. Beliau bersabda: maka syafaat keduanya diperkenankan (HR Ahmad, Hakim, Thabrani)

5. Orang yang berpuasa akan mendapatkan pengampunan dosa

Abu Hurairah Ra berkata bahwa Nabi Saw bersabda : Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramdhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni (HR Bukhari Muslim)

6. Bagi orang yang berpuasa akan disediakan Ar Rayyan

Sahl bin Said Ra berkata bahwa Nabi Saw bersabda: Sesungguhnya di syurga ada sebuah pintu yang bernama Arayyan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk syurga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorangpun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka.

Dikatakan kepada mereka, dimana orang-orang yang berpuasa? Maka orang-orang yang berpuasapun berdiri dan tidak ada seorangpun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorangpun yang masuk melalui pintu tersebut (HR Bukhari Muslim)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s