Hafalan surat Al Quran sebagai pengikat perkawinan

alquran-sebagai-mahar1

Hadist ini diambil dari kitab Bulughul Maraam,  riwayat hadist shahih dari Mutafaq alaihi. Seseorang yang tidak memiliki harta sama sekali dapat memberikan mas kawin kepada wanita berupa hafalan Quran atau mengajarkan Al Quran.

Sahl bi Sa’di as Sai’di Ra ia berkata: Seorang perempuan telah datang kepada Rasulullah Saw dan berkata : Ya Rasulullah aku datang untuk menyerahkan diriku padamu. Maka Rasulullah memandangnya, kemudian dia menundukkan kepalanya.

Ketika perempuan itu melihat Rasulullah Saw demikian, belum mengeluarkan keputusan sedikitpun, ia lantas duduk. Maka seorang lelaki dari sahabat berdiri dan berkata : Ya Rasulullah jika engkau tidak berkehendak terhadap perempuan itu, maka kawinkanlah ia denganku.

Rasulullah Saw bertanya: Adakah engkau mempunyai sesuatu? Jawabnya : Demi Allah tidak ya Rasulullah. Sabda Rasulullah selanjutnya: Pergilah ke keluargamu, lihatlah barangkali engkau dapat menemukan sesuatu? coba lihatlah sekalipun itu berupa cincin dari besi.

Laki-laki itu segera pulang, dan tak lama kembali lagi dan berkata: Demi Allah aku tidak mendapatkan apapun, sekalipun itu berupa cincin dari besi. Namun in ada sarungku. Sahl berkata: Hartanya selendang maka bagi perempuan itu separuhnya.

Rasulullah lalu bersabda: Apa yang dapat kamu perbuat dengan sarungmu? jika engkau pakai, perempuan itu tidak mendapatkan sedikitpun, sebaliknya jika itu dipakai perempuan itu engkau tidak mendapatkan sedikitpun. Kemudian lelaki itu duduk beberapa lama dan lalu berdiri dan hendak berpaling dan pergi.

Saat itu Rasulullah kemudian mengutus sesorang untuk memanggil lelaki itu kepadanya. Ketika ia datang Rasulullah Saw bersabda: Hafalkah engkau dengan Al Quran?, jawabnya : Aku hafal surat ini, ia menghitungnya beberapa surat yang dihafalnya. Rasulullah Saw bersabda: Bacalah surat itu dengan hafalan engkau.

Jawab si lelaki itu : Ya rasulullah. Sabda Nabi Saw : Pergilah sungguh aku telah memberikan kepadamu perempuan itu dengan engkau telah menghafal Al Quran (HR Mutafaqalaihi)

Dalam riwayat yang lain diterangkan bahwa Rasululah Saw bersabda: Pergilah sungguh aku mengawinkan engkau dengan perempuan itu. Karena itu ajarilah Al Quran.

Dalam riwayat lain  dari Imam Bukhari  berkata bahwa Nabi Saw bersabda: Aku membolehkan engkau terhadap perempuan itu dengan Al Quran.

Begitu juga dari Imam Abu Dawud dari Abu Hurairah diterangkan bahwa beliau bertanya, apakah yang kamu hafal. Dijawabnya aku hafal surat albaqarah dan surat berikutnya. Sabda Beliau: Bangunlah dan ajarilah ia duapuluh ayat Al Quran dan itu dapat digunakan sebagai mas kawinmu.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s