images

Dari Kitab Bulughul Maraam, diuraikan sebuah hadist :

Dari Abu Hurairah ra berkata bahwasanya Nabi Saw bersabda: Wanita itu dikawini karena 4 perkara yaitu karena hartanya, kedudukannya, kecantikannya dan agamanya. Karena itu dapatilah wanita yang mempunyai agama, niscaya engkau beruntung (HR Mutafaq ilaihi)

Hadist itu kemudian dijelaskan dalam hadist Qudsi bahwa yang menarik laki-laki dari wanita untuk kawin ada 4 perkara yaitu karena harta, kedudukan/pangkat/derajat/keturunan, kecantikan dan agama.

Namun Nabi Saw menganjurkan agar mencari jodoh seyogyanya memilih wanita yang beragama. Beliau melarang mengawini wanita karena pertimbangan selain agama. Sabda Beliau yang diriwayatkan Imam Baihaqi yang artinya:

Janganlah kamu mengawini wanita karena kecantikannya, barangkali kecantikannya itu akan membawa kerusakan bagi mereka sendiri, janganlah kamu mengawini wanita karena hartanya, barangkali harta itu bisa menyebabkan ia sombong. Akan tetapi kawinilah wanita karena agamanya. Budak perempuan hitam beragama itu lebih baik.

Demikian anjuran dan nasehat Nabi Saw agar seorang lelaki memilih wanita dengan pertimbangan agama.

Dari kriteria memilih jodoh itu, Nabi Saw juga mendoakan kepada pasangan, lelaki dan perempuan yang telah menemukan jodohnya dengan doa dan ini yang biasa dibacakan dalam khutbah nikah:

Semoga Allah memberkahi kamu, semoga Allah memberkahi atas kamu dan mengumpulkan diantara kamu dengan baik (HR Ahmad, Attirmidzi, Hibban dan Khuzaimah)

Wallahu a’lam

Advertisements