Tobat sejati seorang pemuda

hikmah-sabar-dalam-islam

Imam Malik Ra meriwayatkan kisah seorang pemuda yang membuat dirinya kagum kala dirinya berhaji.

Dia berkata : Ketika kami mengerjakan ibadah haji, kami mengucapkan talbiyah dan berdoa kepada Allah,  tiba-tiba perhatianku terusik dengan melihat seorang pemuda yang memakai pakaian ihram sedang menyendiri di tempat kesendiriannya.

Dia hanya terdiam sama sekali tidak mengucap talbiyah dan tidak pula berdzikir kepada Allah sebagaimana layaknya orang-orang lain disekitarnya.

Lantas aku mendatanginya sekedar ingin tahu dan bertanya: “Hai pemuda, mengapa engkau tidak mengucapkan talbiyah? Dia menjawab: “Apakah talbiyah mencukupi bagiku, sedangkan aku sudah banyak berbuat dosa dan itupun kulakukan terang-terangan.”

“Demi Allah aku kuatir bila aku mengucapkan talbiyah Labbaik maka malaikat akan menjawab kepadaku demikian: “Tiada labbaik bagimu dan tiada kebahagian pula bagimu. Lalu aku akan dibiarkan tetap membawa dosaku yang besar. “

Aku bertanya padanya: “Sesungguhnya yang engkau panggil adalah Tuhan yang maha pengampun dan maha penyayang. Lantas dia bertanya: “Apakah dengan itu, kamu menyuruhku untuk mengucapkan talbiyah kepadaku. Aku menjawab : “Iya.”

Kemudian ia terbaring di atas tanah, meletakkan salah satu pipinya ketanah mengambil batu dan meletakkannya di pipi yang lain dan dia mengucurkan air mata dan berucap: “Labbaik Allahuma Labbaik, sungguh telah kutundukkan diriku kepadMu dan badan ini telah kuhempaskan dihadapanMu.”

Pemuda itu lantas aku tinggalkan. Selang beberapa lama, aku melihatnya lagi saat di Mina. Dia dalam keadaan masih menangis dan ia berkata: “Ya Allah sesungguhnya orang-orang telah menyembelih kurban dan mendekatkan diri kepadaMu, sedangkan aku tidak mempunyai sesuatu yang bisa kuberikan untuk mendekatkan diri kepadaMu, kecuali diriku sendiri. maka terimalah pengorbanan diri ini.”

Kemudian dirinya terjatuh tersungkur dan pingsan. Dan tidak berapa lama pemuda itu menghembuskan napas terakhirnya dalam keadaan menyesal dan bertobat kepada Allah. Akupun mohon kepada Allah agar Dia mau menerima amal ibadah dan tobatnya.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s