3 perkataan Jibril yang diamini Nabi Saw

pesnamalam2

Hadist ini sangat populer  yang menyatakan salah satunya bahwa menjadi sangat disayangkan bila seseorang itu tidak segera mengambil manfaat keutamaan Ramadhan, padahal pada bulan itu telah dilimpahkan rahmat yang luar biasa dan ganjaran yang berlipat bagi hambaNya yang ingin mendapatkan ridho dan ampunan Allah.

Begitu juga limpahan karunia yang menjadikan rahmat Allah tercurah dan ganjaran yang besar bagi seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya. Demikian pula ganjaran luar biasa dan syafaat yang diberikan dikala seseorang menjawab shalawat kepada Nabi Saw,

Hadist ini lengkapnya diriwayatkan oleh sahabat Jabir bin Abdullah Ra yang menceritakan apa yang didengarnya saat nabi hendak menaiki anak tangga menuju mimbar untuk berkhotbah. Ketika melewati tangga pertama, maka didengar oleh Jabir, Nabi Saw berkata Amin. Kemudian beranjak ke tangga kedua, Nabi Saw juga berkata amin dan selanjutnya pada tanggal ketiga Nabi Saw pun berkata Amin.

Para sahabat lantas bertanya: Wahai Rasulullah kami mendengar engkau mengucapkan amin 3 kali. Nabi Saw lalu bersabda:

Ketika aku berada pada tangga pertama, datanglah kepadaku malaikat Jibril dan berkata: Celakalah bagi hamba yang mendapatkan bulan Ramadhan lalu keluar dari bulan tersebut dalam keadaan tidak diampuni dosa-dosanya. Maka aku mengatakan amin

Ketika aku berada pada tangga kedua, malakat Jibril lalu berkata : Celakalah bagi hamba yang mendapatkan kedua orang tuanya atau salah satunya, namun kedua orang tuanya tidak bisa menjadikan sebab ia masuk syurga (karena tidak berbakti kepadanya), maka aku mengatakan amin.

Ketika aku hendak menaiki tangga ketiga, jibril berkata lagi : Celakalah bagi hamba yang kala disebutkan nama engkau, namun tidak mengucapkan shalawat untukmu, maka aku mengatakan Amin.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s