Keutamaan surat Al Waqi’ah

alwaqiah

Surat al Waqi’ah sangat dikenal terkait surat ini atas izin Allah bagi yang membacanya akan tertolak dari segala macam bentuk kefakiran.

Satu lagi surat Al Waqi’ah akan memberikan kepada orang yang membacanya kemampuan perencanaan dalam memahami sesuatu ilmu yang telah lewat dan kemudian. Sehingga dikatakan orang yang memiliki ilmu ini akan diberi kemudahan dalam menggapai sukses kehidupan dan penghidupannya (usaha).

Dua faedah itu berasal dari Imam Qurthubi yang menyampaikan beberapa riwayat perihal manfaat surat ini  sebagai berikut :

Menolak Kefakiran

Ibnu Wahab menyebutkan, ia berkata : Sirri bin Yahya memberitahukan kepada kami dari abu Syuja’, ia memberitahukannya dari abu Zhabiyah dari Abdullah bin Mas’ud ia berkata: Aku mendengar Rasululah bersabda:

Barang siapa membaca surat waqi’ah setiap malam maka ia tidak akan ditimpa kefakiran selama-lamanya

Riwayat diatas selengkapnya adalah sebagai berikut:

Abu Umar menyebutkan dalam kitab Tamhid dan AtsTsalabi dalam kitab tafsir karyanya bahwa Utsman bin Affan menemui Abdullah bin Mas’ud untuk menjenguk sakitnya yang karena penyakit itu ia meninggal dunia.

Usman berkata: apa yang kau keluhkan? Abdullah bin Mas’ud menjawab : dosa-dosaku. Usman bertanya lagi ? Apa yang kau inginkan? Abdullah bin Mas’ud menjawab : Rahmat Tuhanku.

Usman bertanya: Apakah tidak sebaiknya saya panggilkan dokter untukmu?. Abdullah bin Mas’ud menjawab : Dokter hanya akan menambah sakitku. Usman bertanya : Apakah tak sebaiknya kami memberimu sesuatu? Abdullah bin Mas’ud menjawab : aku tidak memerlukannya. Kehidupanku telah melarangku. Dan kematian telah mendorongku.

Usman berkata: Pemberian itu bisa untuk anak-anak perempuanmu sesudahmu. Abdullah bin Mas’ud menjawab : Apakah kamu takut anak-anakku akan menjadi fakir sepeninggalku, sedangkan aku menyuruh mereka membaca alwaqi’ah setiap malam? sesungguhnya aku mendengar Rasulullah seperti hadist nabi diatas.

Mendapat berita/ ilmu dan pengetahuan yang terdahulu dan kemudian

Dalam riwayat yang lain Masruq berkata : barang siapa ingin mengetahui berita orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang kemudian, berita ahli syurga dan ahli neraka, berita penduduk dunia dan penduduk akhirat, hendaklah ia membaca surat al waqi’ah. Ini disebutkanjuga¬† oleh Ats-Tsalabi.

Riwayat lainnya dari Syarih bin Yunus meriwayatkan, ia berkata: Abidah memberitahukan kepada kami, ia berkata: Mansyur memberitahukan kepada kami, ia berkata : Mansyur memberitahukan kepada kami dari Hilal bin Yasaf, Ia berkata: Masruq berkata : Barang siapa ingin mengetahui ilmu orang-orang terdahulu dan orang-orang kemudian, hendaklah ia membaca surat Al Waqi’ah

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s