Keutamaan untuk mengasihi semua makhluk tak terkecuali

cinta-vs-kasih-sayang-29-728

Dari kitab Nashaihul Ibad diambil hadist yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar Ra, dari Nabi Saw, bahwasanya beliau bersabda:

Orang-orang yang mengasihi akan dikasihi oleh Dzat yang maha pengasih, maka kasihilah makhluk yang ada dibumi, niscaya yang ada di langit akan mengasihi kalian

Dijelaskan kemudian, yang dimaksud dengan mengasihi makhluk yang ada di bumi, tidaklah terbatas pada manusia saja, tetapi mencakup binatang dan tumbuh-tumbuhan dengan tidak membunuh atau merusaknya. Jika kita berbuat baik kepada semua makhluk, Dzat yang maha pengasih juga akan berbuat baik kepada kita.

Oleh karena itu kasihilah siapapun  dan makhluk apapun tanpa kecuali dari ciptaan Allah yang sanggup kalian kasihi meskipun tidak berakal. Caranya adalah dengan memberikan kasih sayang pada mereka dan selalu mendoakan manusia agar mendapatkan rahmat dan ampunan. Dengan begitu, malaikat yang jumlahnya lebih banyak dari penduduk bumi dan Dzat yang rahmatNya merata bagi penduduk langit akan mengasihi kalian.

Terkait dengan pahala dalam mengasihi Makhluk, terdapat sebuah kisah.

Pada suatu malam Imam Gazali pernah bermimpi dalam mimpinya, beliau ditanya seseorang “Apa yang Allah perbuat terhadapmu?. Imam Gazali menjawab:Aku dipertemukan di hadapanNya, lalu Allah bertanya, Amal apa yang akan kau persembahkan untuk Ku? Seketika aku sebut amal-amal bai yang pernah kulakukan.

Namun Allah berfirman : Aku tidak menerima semua amal (yang kau sebutkan itu). Yang aku terima darimu adalah amal ketika engkau sedang menulis, seekor lalat hingap diatas penamu untuk meminum tinta, seketika engkapun berhenti menulis, memberi keempatan pada lalat untuk minum lantara kasih sayangmu kepadanya. Kemudian Allah berkata: Pergilah kalian (para malaikat) dan bawalah hambaKu ini kedalam surga”

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s