Keutamaan belajar kepada pembawa Al Quran

al-quran

Imam Qurthubi menggarisbawahi pentingnya seseorang dapat mengetahui dan bergaul dengan  pembawa Al Quran. 

Abu Umar berkata: Yang dimaksud dengan para pembawa Al Quran adalah orang yang mengetahui hukum-hukumnya, halal dan haramnya serta mengamalkannya.

Nabi Saw bersabda bahwa cara mengagungkan Allah adalah dengan memuliakan 3 golongan termasuk para pembawa Al Quran.

Abu Umar bin Abdul Barr berkata dalam kitab Jami’u Bayanil ‘Ilm bahwa  Nabi Saw bersabda: Termasuk mengagungkan Allah adalah memuliakan 3 golongan yaitu: Imam (pemimpin) yang adil, seorang muslim yang telah beruban (tua) dan pembawa Al Quran yang tidak berlebih-lebihan dan tidak kasar.

Banyak keutamaan dalam bergaul dan belajar dari  pembawa Al Quran sebagai berikut:

1. Memuliakan mereka  sama saja memuliakan Allah dan RasulNya

orang yang mau bergaul dengan pembawa Al Quran ini dimana disebutkan barang siapa bersahabat kepadanya maka ia bersahabat dengan Allah, jika seseorang memusuhinya berarti ia telah menganggap ringan hak Allah:

Abu Umar Ra berkata, Anas meriwayatkan bahwa Nabi Saw bersabda:

Al Quran adlah yang paling utama dari segala sesuatu. Barangsiama menghormati Al Quran maka ia menghormati Allah. Barang siapa yang menganggap remeh Al Quran maka ia telah menganggap remeh hak Allah. Pembawa Al Quran dikelilingoi oleh rahmat Allah, mengagungkan firman Allah, diberi pakaian Nur Allah, maka barang siapa bersahabat dengan mereka berarti ia bersahabat dengan Allah dan barang siapa memusuhi mereka maka ia telah menganggap remeh hak Allah.

2. Pembawa Al Quran adalah umatku yang paling Mulia

Adh-Dhahak meriwayatkan dari Ibnu Abbas dari Nabi Saw bahwasanya Nabi Saw bersabda:

Umatku yang paling mulia adalah orang yang menaggung Al Quran dan senantiasa shalat malam.

3. Pembawa Al Quran adalah ketua ahli syurga

Muhammad bin Abdullah bin Umair dari ayahnya, dari kakeknya, dari Nabi Saw bahwa beliau bersabda:

Orang yang berperang di jalan Allah adalah yang terdahulu masuk syurga. Para Nabi adalah junjungan para penduduk surga. Para pembawa Al Quran adalah ketua ahli syurga.

4. Pembawa Al Quran adalah ahli Al Quran

Waqi bin Jarah meriwayatkan dari A’Masy dari Zaidah Bin Ashim dari Zar, dari Abdullah bin Amr bin Ash, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda:

Muliakanlah pembawa Al Quran, barang siapa memuliakan mereka maka ia telah memuliakan aku. Barangsiapa memuliakan aku maka ia telah memuliakan Allah. Sesungguhnya Allah diam karena Al Quran dan mendengarkan dari hlinya.

Ketahuilah, janganlah kalian mengurangi hak para pembawa Al Quran karena ia mendapatkan kedudukan dari Allah. Hampir saja pembawa Al Quran itu menjadi Nabi, hanya saja tidak diturunkan wahyu kepada mereka.

Orang yang membaca dan mendengar satu ayat dari kitab Allah adalah lebih baik daripada yang dibawah arasy sampai lapis bumi tingkat tujuh terbawah. Orang yang membaca dan mendengar satu ayat dari kitab Allah adalah lebih baik daripada shabir emas. Ditanyakan : apakah shabir emas itu wahai Rasul? Beliau menjawab : seperti gunung uhud dalam hal timbangan.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s