Makna datang lebih awal pada shalat jumat

jumma-mubarak-wallpapers

Tulisan ini didapat dari buku kebiasaan inspiratif KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari, Dalam buku itu diulas mengenai keutamaan datang lebih awal pada shalat jumat sebagai berikut:

Menurut KH Ahmad Dahlan, hari jumat merupakan hari spesial bagi dirinya, ayahnya dan para kyai pada umumnya. Mereka selalu mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi shalat jumat. Dahlanpun sejak kecil terbiasa dengan persiapan khusus termasuk untuk datang lebih awal.

Bila datang lebih awal sangat jelas tergambar dalam hadist Nabi Saw sebagaimana disebutkan yang datang paling awal laksana berkurban unta, waktu kedua seolah berkurban sapi, waktu ketiga seolah dia berkurban kambing, waktu keempat seolah berkurban ayam dan waktu kelima seolah dia berkurban telur.

Persiapan shalat jumat juga tergambar dalam riwayat Salman al Farisi bahwa Nabi Saw bersabda:

Barang siapa yang mandi pada hari jumat, membersihkan diri semampunya, meminyaki rambutnya dan memakai wewangian, kemudian ia pergi ke tempat shalat jumat tanpa menerobos antara dua orang yang duduk di masjid, lalu ia melaksanakan shalat seperti yang diwajibkan kepadanya, diam ketika imam berkhutbah, niscaya diampuni dosanya antara jumat satu dengan jumat sebelumnya.

Pergi lebih awal yang sudah tentu dengan persiapan seperti hadist diatas, merupakan kebiasaan orang-orang shaleh. (Salafussaleh) . Al Hafidz Ibnu Katsir menamakan hari jumat karena ia pecahan dari kata al-jam’u  yang artinya perkumpulan.

Saat berkumpul bila setiap muslim dengan datang lebih awal dan persiapan diri untuk tampil dengan badan yang segar dan pakaian yang bersih sudah tentu akan memberikan efek luas kepada wajah  umat Islam keseluruhannya.

Dalam mendatangi shalat jumat juga terdapat ganjaran besar, bila dilakukan dengan berjalan kaki. Makna jalan kaki ini adalah untuk menunjukkan ketawadhuan seorang Muslim dengan sesamanya dan juag untuk syiar islam. sesuai hadist Nabi Saw :

Nabi Saw bersabda: Barang siapa mandi pada hari Jumat, berangkat lebih awal ke Mesjid, berjalan kaki tidak berkendaraan, mendekat kepada Imam dan mendengarkan khutbah dan tidak berbuat sia-sia, maka dari setiap langkah yang ditempuhnya ia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamul lail setahun.

Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kaum mukminin untuk berkumpul dalam melaksanakan shalat jumat sesuai surat Al jumu’ah ayat 9:

Firman Allah: Hai orang-orang beriman apabila diseru untuk menunaikan shalat jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Terkait keutamaan shalat jumat ini, Ibnu Qoyyim Ra berkata: Hari jumat adalah hari ibadah. Kedudukannya dibandingkan hari hari yang ada seperti bulan Ramadhan diantara bulan bulan lainnya. Sementara waktu istijabah yang ada pada hari itu seperti lailatul qadar di bulan ramadhan.

Ia juga berkata: Adalah diantara petunjuknya Nabi Saw, mengagungkan hari jumat ini dan memuliakannya, serta mengistimewakannya pada hari tersebut yang tidak dikhususkan pada hari lainnya.

Karena itulah bagi setiap Muslim wajib mengagungkan dan memuliakan hari tersebut, memperhatikan keutamaannya dengan tujuan bertaqarub kepada Allah.

Jumuah Mubarok

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s