4 kriteria makanan yang baik

makanan-halal

Dalam kitab Tanbihul Ghafilin dibahas mengenai kriteria makanan yang baik dan sempurna.

Sesuai tuntunan Nabi Saw bahwa kriteria makanan yang baik adalah sebagai berikut:

  1. jika makanan itu halal
  2. Jika dimakan dengan menyebut Nama Allah
  3. Jika banyak orang yang memakannya
  4. Jika selesai menyebut alhamdulillah

Terkait dengan halal, Imam Gazali menyatakan bahwa halal terbagi 2 yaitu terkait zatnya, seperti mengandung bahan yang haram seperti daging babi dan halal terkait dengan cara mendapatkannya agar tidak menedekati cara-cara yang haram seperti mencuri.

Selain halal, makanan juga harus thoyib atau baik dalam mengkonsumsinya. Nabi Saw dalam beberapa hadist juga memberi panduan terkait adab atau  cara makan yang baik yaitu makanlah dengan tangan kanan, makanlah dengan menunduk sebaga wujud kesyukuran atas nikmat yang diterima, makan tidak berlebihan dan dilarang untuk mencela makanan.

Ada satu hal yang sederhana, jangan minum sekaligus, melainkan dengan teguk seteguk dengan memperhatikan jalan nafas sehingga tidak tersedak. Lalu untuk minuman, maka aduklah minuman dengan sendok  dari kiri memutar seperti arah orang thawaf, agar berkahnya naik keatas.

Terkait dengan makan tidak berlebihan adalah untuk maksud kesehatan karena sebagian besar penyakit berawal dari perut. Hadist Nabi menyatakan bahwa  sesungguhnya perut atau rongga itu terdiri dari 3 bagian yaitu makanan, minuman dan udara, karena itu penuhi hak perut sesuai takaran tersebut. Tuntunan nabi dalam hal ini adalah makanlah dikala lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s