Keutamaan surat al Mujadilah dan ayat penutup surat al Hasyr

Al-Hasyr-21-23

Dari Imam Qurthubi menjelaskan bahwa dalam Al Quran terdapat 2 surat yang berurutan yaitu Al Mujadilah surat ke 58 dan al Hasyr surat ke 59 memiliki masing-masing keutamaannya.

Surat Al Mujadilah

Disebutkan tentang keutamaan surat al Muajdilah, bahwa tidak ada didalamnya satu ayatpun yang semuanya berjumlah 22 ayat itu, melainkan ada nama Allah yang dibaca. Yang demikian itu tidak terdapat dalam surat yang lainnya.

Ayat Penutup surat Al Hasyar

Surat al Hasyr memiliki 24 ayat dan ayat terakhirnya yaitu 22, 23 dan 24  itu berbunyi:

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Dari ayat penutup itu semua ayatnya menyebut kebesaran Allah melalui Asmaul Husna. Terkait dengan keutamaan itu beberapa riwayat juga menyatakan hal itu sebagai berikut:

1.Riwayat Abu Hurairah

Sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah, ia berkata: Aku bertanya kepada kekasihku, Abu Qosim (Rasulullah Saw) tentang asma Allah yang paling agung, Beliau bersabda Hai Abu Hurairah Hendaklah kau baca akhir surat al Hasyr”. Aku kembali menanyakannya dan beliau kembali menjawab dengan jawaban yang sama.

2. Riwayat Abu Umamah.

Diriwayatkan dari Abu Umamah, ia berkata: Rasulullah bersabda:

Barang siapa membaca akhir surat al Hasyr pada malam hari atau pada siang hari, lalu Allah mencabut ruhnya pada malam hari atau siang hari itu maka Allah mewajibkan syurga baginya.

3. Riwayat Tirmidzi

Tirmidzi meriwayatkan dari Ma’qal bin Yasar, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda :

Barang siapa membaca diwaktu pagi sebanyak 3 kali: Aku berlindung kepada Allah yang maha mendengar lagi maha mengetahui dari godaan setan yang terkutuk. Dan membaca tiga ayat terakhir surat al Hasyr, maka Allah mewakilkan tujuh puluh ribu malaikat yang mendoakannya hingga sore hari. Jika ia mati pada hari itu, maka ia mati syahid. Barang siapa membacanya pada sore hari maka demikian pula keadaannya.

4. Riwayat Ats Tsalabi

Ats Tsalabi meriwayatkan dari Yazid Ar Raqassyi dari Anas bahwa Nabi Saw bersabda:

Barang siapa membaca akhir surat al Hasyr : Seandainya kami menurunkan Al Quran ini kepada gunung, niscaya gunung itu menjadi tertunduk (QS Al Hasyr : 21) lalu ia mati pada malam itu, maka ia mati syahid (HR Ibnu Sunni)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s