Makna kesenangan dan kemewahan hidup

Luxury House Design

Kesenangan dan kemewahan adalah dua hal yang selalu ditonjolkan seseorang dan dianggap sebagai tolok ukur kebahagiaan seseorang. Karenanya orang lantas berlomba-lomba mendapatkan hal itu.

Dalam pesan yang disampaikan Syeikh Ibnu Utsaimin mengenai pola hidup berlebihan.. Beliau berkata: “Sesungguhnya manusia setiap kali tenggelam dalam kemewahan hidup dan setiap kali dibukakan bagi mereka hal itu maka akan datang bagi mereka keburukan.

“Sesungguhnya kemewahan hidup yang menghancurkan manusia karena manusia jika terlalu memperhatikan kemewahan dan kenikmatan jasadnya ia pasti lalai akan usaha untuk kenikmatan bagi hatinya. Sehingga kemauannya yang paling besar hanya untuk menyenangkan jasadnya yang mana jasad itu nantinya hanya kan menjadi sarang bagi cacing-cacing dan berbau busuk.

“ini adalah bencana dan ini merupakan hal yang membahayakan manusia saat ini. Hampir begitu banyak orang yang engkau temui, kecuali ia menanyakan hal seragam seperti ini:

  • seperti apa rumah megahmu?,
  • bagaimana mobil terbarumu?,
  • merek permadani dan pakaian terbarumu,
  • apa menu makanan terkinimu?

“Hingga mereka yang mentelaah dan mempelajari ilmu sebagian mereka belajar hanya untuk mendapatkan gaji atau kedudukan yang dengan itu agar ia bisa meraih kenikmatan hidup, seolah manusia diciptakan bukan untuk mendapatkan perkara yang agung?

Sesungguhnya dunia dan kenikmatannya hanyalah sebagai wasilah atau perantara saja, kita memohon kepada Allah agar menjadikan hal tersebut hanya sebagai wasilah saja”.

Dalam pendapat lain Syeikh Islam ahmad al Haroony  berkata : ” Sejatinya seorang manusia menggunakan hartanya seperti ia mengendarai keledainya untuk berkendaraan dan seperti ia menggunakan wc untuk BAB.

Perhatikanlah mereka yang mengetahui dan bijak terhadap hartanya, mereka mengetahui kedudukannya. Karena itu jangan engkau jadikan hartamu sebagi cita-cita terbesarmu, melainkan  pergunakan harta dengan baik jika tidak harta akan memperbudakmu sehingga akibatnya akan mendorong keinginanmu hanya dunia saja.

Oleh karena itu ketika manusia dibentangkan dunia bagi mereka dan bagi mereka yang tahu tentu hanya akan meliriknya. Dan bagi yang terpana dengan dunia,  maka sesungguhnya mereka merugi diakhirat sesuai kadar keuntungan yang didapatnya didunia”.

Nabi Muhammad Saw bersabda:

“Demi Allah tidaklah kefakiran yang aku takutkan atas kalian, yaitu aku sama sekali tidak cemaskan kefakiran didunia, karena dunia nantinya akan dibentangkan saja. akan tetapi aku kawatirkan atas kalian adalah jika dibentangkan kalian dunia, maka kalian akan saling berlomba meraihnya sebagaimana orang-orang sebelum kalian sehingga kalian akan hancur,  sebagaimana itu telah menghancurkan mereka.

Maka telah benar Nabi Muhammad Saw. Dengan demikian pola hidup berlebihan dan kemewahan ini merupakan hal yang menghancurkan manusia hari ini. Yang menghancurkan manusia hari ini adalah saling berlombanya mereka dalam urusan dunia seolah-olah manusia diciptakan demi dunia bukan dunia yang diciptakan untuk manusia.

Maka mereka hanya sibuk dengan sesuatu yang dciptkana demi mereka daripada mereka diciptakan untuknya. ini merupakan perkara yang bertolak belakang. kita memohon ampun kepada Allah.

(diambil dari video kiriman Ustadz Arman Amri pengasuh pondok pesantren Minhajul Sunnah di  Bogor)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s