5 nasehat sebagai buah penyesalan dari nabi Adam As

taubat1

Dalam kitab tanbihul Ghafilin disebutkan dalam hadist bahwa Nabi Adam  mewasiatkan 5 hal kepada Nabi Syits As dan memerintahkan  agar 5 hal itu diwasiatkan kepada anak-anak keturunannya.

  1. Katakanlah kepada anak-anakmu: Kalian jangan tenteram kepada dunia, karena aku tenteram saat utu dengan syurga yang kekal lalu Allah tidak meridhai aku dan mengeluarkan aku darinya.
  2. Katakanlah kepada mereka : Jangan kalian bertindak dengan kesenangan istri kalian. Karena aku bertindak saat itu dengan kesenangan istriku dan aku memakan pohon itu sehingga aku menyesal.
  3. Katakan kepada mereka: Setiap amal yang kalian inginkan, maka pikirkanlah akibatnya, karena jika aku saat itu memikirkan akibat urusan itu, aku tidak tertimpa apa yang menimpaku.
  4. Jika hati kalian dalam keadaan bimbang tentang sesuatu, maka jauhilah. Karena hatiku bimbang saat memakan pohon itu, namun lalu aku tidak mengurungkan sehingga aku menyesal.
  5. Musyawarahlah dalam urusan-urusan, karena andaikata aku bermusyawarah dengan para malaikat, aku tidak tertimpa apa yang menimpaku.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

