Sifat Loba (rakus): ciri dan kerugiannya

qorun-yang-sombong

Arti Loba

Sifat loba (rakus) sangat terkait dengan kecintaaan seseorang akan harta.  Kecintaan harta telah membuat seseorang menjadi sibuk tiada habisnya memburu dan menumpuk harta, sehingga yang ada dalam pikirannya hanya harta. Motivasinya adalah untuk mengejar kesenangan dunia dan menurutkan sifat sombong dirinya melalui hartanya itu.

Karena itu bahaya yang paling jelas adalah orang itu tidak memiliki waktu sehingga lalai akan perintah Allah.

Sifat loba ini telah digambarkan oleh Nabi Saw sebagai berikut:

Sabda nabi Saw : Andaikata sesungguhnya bagi anak adam ada dua jurang dari emas, niscaya dia ingin yang ketiga lagi. Tiak dapat memenuhi perut anak adam kecuali debu. Allah menerima tobat orang yang dia kehendaki. Allah Ta’ala hanya menjadikan harta agar digunakan mendirikan shalat dan menunaikan zakat.

Sifat loba adalah terkait dengan sifat bodoh manusia karena tiadanya keyakinan bahwa rezeki itu sudah dijamin oleh Allah kepada setiap makhlukNya.

Abu Darda Ra berkata : Betapa aku melihat ulama kalian telah pergi, sementara orang-orang bodoh kalin belum belajar? Belajarlah sebelum ilmu disirnakan dengan wafatnya ulama. Betapa aku lihat kalian rakus dan loba terhadap hal yag sudah dijamin oleh Allah dan mengabaikan tugas kalian

Mengenali loba dan bentuknya

Dalam kitab Tanbihul Ghafilin disebutkan bahwa loba ada 2 macam yaitu loba yang tercela dan loba tidak tercela, namun keduanya sebaiknya tidak dilakukan.  Loba yang tercela adalah loba yang menyebabkan seseorang tidak mau mengerjakan perintah Allah atau ingin memiliki harta dengan tujuan menumpuk dan sombong.

Sementara loba tidak tercela adalah seseorang tidak mengabaikan perintah Allah dan tidak melakukannya dengan tujuan menjadi sombong dan ini banyak dilakukan sahabat dan nabi Saw tidak mengingkarinya.

Loba juga terkait dengan sifat menahan diri untuk tidak berlebihan dan berusaha untuk bersikap hidup yang bersahaja dan tidak terlalu mencintai kesenangan dunia. Hal ini disampaikan kala Hafsah binti Umar menanyakan kepada ayahya Umar bin Khattab:

Allah telah memberikan kebaikan kepadamu dan telah meluaskan rezekimu, mengapa ayah tidak memakan makanan yang lebih enak dan memakai pakaian yang lebih halus? Umar Ra menjawab: Ingatlah apa yang dilakukan Nabi Saw. Umar lalu meyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan yang ditanyakan anaknya dengan yang dilakukan Nabi Saw, sampai anaknya hafsahpun menangis.

Terkait dengan kesederhanaan Nabi Saw tadi,  bahkan Ali pernah menasehatkan umar Ra untuk meniru nabi Saw kala berjumpa dengannya. Ali berkata : maka tambalah bajumu, jahitlah sandalmu, makanlah sebelum kenyang dan janganlah berangan-angan. Dalam suatu riwayat, Umarpun mengikuti Nabi Saw mengenakan baju dengan 12 tambalan kala berkhutbah

Riwayat lain Ali Ra masuk pasar dengan pakaian kasar, lalu ada orang yang berkata kepada beliau : Mengapa anda tidak memakai pakaian yang lebih halus daripada pakaian yang kau kenakan?  Beliau menjawab : Ini lebih mengkhusyukkan hati, lebih mirip dari tanda orang shaleh dan lebih patut bagi orang untuk diikuti.

Bahayanya loba, khususnya bagi pengumpul harta

Nabi Saw secara jelas menyebutkan tanda-tanda oang yang loba dengan jaminan atau akibat bagi yang melakukannya sebagaimana sabdanya:

Aku menjamin 3 hal untuk 3 orang : Untuk yang sibuk terhadap dunia, orang yang paling loba akan dunia dan orang yang kikir terhadap dunia, dengan kemiskinan yang tidak ada kaya setelahnya, sibuk yang tiada hentinya dan susah yang tiada gembiranya

Loba dan tercela dan tidak tercela sebaiknya tidak dilakukan terkait bahaya yang mengintai bagi penumpui harta atau loba.  Dalam kitab Nashaihul ibad, Sufyan Ats Tsauri Ra berkata : Pada zaman ini tidak ada seorangpun yang mengumpulkan harta kecuali baginya 5 hal tercela yaitu :

  1. Panjang angan-angan
  2. Dikuasai sifat tamak
  3. Sangat bakhil
  4. Kurangnya sifat wara’
  5. Lupa akan akhirat

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s