Kisah menjadi haji mabrur walau tidak berhaji

5

Disebuah dusun ada penjual sandal dari kayu. Orang ini sangat ingin berangkat haji, sehingga dia menabung sedikit demi sedikit dari hasil menjual sandalnya itu.

Setelah dipandang cukup ia segera menunaikan niatnya untuk berangkat haji. Namun ditengah perjalanan dia melewati suatu desa yang mengalami wabah, sehingga penduduknya tidak mampu bekerja dan tidak ada yang dapat dimakan. Pedagang itu jatuh iba dan menyerahkan bekal hajinya untuk membantu penduduk desa itu. Karena bekal habis iapun pulang tidak jadi berangkat haji.

Ditempat lain, ada seorang zahid sedang beribadah dan berdoa kepada Allah. Dalam doanya ia bertanya kepada Allah : “Ya Tuhanku? Dari sekian banyak orang yang berangkat haji tahun ini berapakah yang Kau terima hajinya?”

Lalu Allah memberikan jawaban melalui jibril : “Tidak satupun”. Jibril kemudian berbisik : tetapi Allah telah menerima haji seorang yang tidak berangkat haji. Si Zahid terkejut : Siapakah orang itu?. Lalu jibril menunjukkan ciri-ciri orang itu, dimana asalnya dan pekerjaan orang itu.

Iapun segera mencari orang itu dan bertemulah ia dan berkata: “Benar kamu seorang pedagang sandal?”. Jawab pedangang sandal: “benar”. Si Zahid berkata: “benar,  kamu orangnya yang ingin berangkat haji, tetapi tidak jadi”. Pedagang sandal dengan sedih menjawab : “benar”.

Si zahid berkata : “apa yang menyebabkan kamu urung berangkat haji”. Lantas pedagang sandal bercerita sebab dia tidak jadi berangkat, karena menyedekahkan bekalnya ke penduduk desa.

Si zahid kemudian berkata: “berbahagialah kamu, sesungguhnya dari sekian banyak hamba yang berhaji tahun ini, Allah hanya menerima hajimu, haji mabrur saudaraku”.

Pedagang heran : “darimana kamu tahu?” Si Zahid berkata: “Jibril memberitahuku kala aku berdoa kepada Allah”. Mendengar itu kemudian bersujudlah si pedagang itu lalu memuji Allah berkali-kali dan setelah itu ia semakin rajin bersedekah dan beibadah kepada Allah

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s