7 macam persahabatan, hanya 1 sampai akhirat

friends1

Ada 7 macam persahabatan, namun hanya 1 nantinya yang kekal hingga akhirat yaitu :

1. Ta’aruffan

Adalah persahabatan yang terjalin karena pernah berkenalan secara kebetulan, seperti pernah bertemu di kereta api, halte, rumah sakit, kantor pos, ATM dan lainnya.

2. Taariihan

Adalah persahabatan yang terjalin karena faktor sejarah atau riwayat, misalnya teman sekampung, satu almamater, pernah kost bersama, diklat bersama dan sebagainya.

3. Ahammiyyatan

Adalah persahabatan yang terjalin karena faktor kepentingan tertentu, seperti bisnis, politik, boleh jadi juga karena ada maunya dan sebagainya.

4. Faarihan

Adalah persahabatan yang terjalin karena faktor hobbi, seperti teman futsal, badminton, berburu, memancing dan sebagainya.

5. Amalan

Adalah persahabatan yang terjalin karena seprofesi, misalnya sama-sama guru, dokter dan sebagainya.

6. Aduwwan

Adalah sahabat tetapi juga musuh, didepan seolah baik tetapi sebenarnya hatinya penuh benci, menunggu, mengincar kejatuhan sahabatnya. Hal ini sesuai Firman Allah:

‘Bila kamu memperoleh nikmat, ia benci, bila kamu tertimpa musibah, ia senang ‘(QS 3: 120)

Begitu juga Rasulullah Saw mengajarkan Doa: Allahuma ya Allah selamatkanlah hamba dari sahabat yang bila melihat kebaikanku ia sembunyi tetapi bila melihat keburukannku ia sebarkan”

7. Hubban limaanan

Adalah sebuah ikatan persahabatan yang lahir batin, tulus saling cinta dan sayang karena Allah, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-diam di penghujung malam, ia doakan sahabatnya. Boleh jadi ia tidak bertemu tetapi ia cinta sahabatnya karena Allah ta’ala.

Dari 7 macam persahabatan diatas, 1-6 akan sirna diakhirat, yang tersisa hanya macam ikatan persahabatan yang ke 7, persahabatan yang dilakukan karena Allah (QS 49:10)

Firman Allah : Teman-teman akrab pada hari itu (qiyamat) menjadi musuh bagi yang lain kecuali persahabatan karena ketaqwaan (QS 43:67

Lalu ada dimanakah macam persahabatan kita? semoga bermanfaat

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s