Gambaran fisik Nabi Muhammad Saw

011-kaligrafi-nabi-muhammad

Menampilkan wajah dan rupa Nabi Muhammad Saw secara jelas termasuk membuatkan karikatur keberadaan beliau adalah dilarang. Yang memungkinkan adalah menampilkan gambaran atau merekanya dari tanda-tanda fisik Nabi Muhammad Saw yang dikumpulkan dari riwayat hadist sekitar pergaulan Nabi saw dengan keluarganya. para sahabat, orang-orang terdekatnya serta umatnya di masa itu.

Dalam buku Fi Bayt Al Rasul, tulisan Dr Nizar Abazhah digambarkan tanda-tanda fisik Nabi Saw sebagai berikut:

Wajahnya bundar menawan. Berpijar seperti cahaya purnama. Warna kulitnya putih bunga, Mulutnya lebar dan Giginya Indah.

Matanya lancip merekah fajar, dengan bulu mata panjang. Rambut berombak, tidak keriting tidak pula lurus, berjuntai hingga cuping telinga atau kadang antara telinga dan leher. Atau juga memanjang hingga kedua pundaknya.

Pada rambutnya yang hitam hanya sedikit uban yang terselip, bahkan di akhir hayat, hanya sekitar dua puluh lembar menyebar di kepala, bawah mulut dan kedua pelipis. Sebagian rambutnya ke merah-merahan bekas minyak wangi.

Tubuhnya semampai, tidak tinggi tidak pendek, beratnya ideal, tidak ringan tidaklah berat. Tidak kurus dan tidaklah gemuk. Dadanya bidang, jauh jarak antara dua pundak.

Kedua kaki dan tangannya kokoh. telapaknya luas terbuka lembut dan halus pula. Dalam suatu riwayat Anas pelayan Nabi Saw berkata:

“Belum pernah kusentuh kain sutera lebih lembut dibanding telapak tangan Rasulullah Saw. Dan belum pernah kucium aroma lebih wangi dibanding aromanya”

Tumitnya tipis tak gempal daging. Dibagian atas pundak kirinya melekat stempel kenabian yaitu, sekumpulan rambut berbentuk seperti beras seukuran apel kecil

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s