Keutamaan surat Al Ikhlash

al ikhlash

Surat al Ikhlash adalah surat 112 berisi 4 ayat. Surat ini menegaskan kemurnian keesaan Allah SWT. 

Imam Qurthubi mengatakan bahwa banyak hadist terkait keutamaan surat ini sebagai berikut :

1. membacanya seperti membaca sepertiga Al Quran

seperti yang disampaikan dalam hadist sebagai berikut :

Ada seorang yang mendengar orang lain membaca : Qul Huawallahu Ahad, orang itu terus mengulang-ngulangnya. Ketika pagi orang itu datang kepada Rasulullah Saw dan menceritakan hal tersebut kepada beliau, sedangkan ia menganggap surat al ikhlash yang dibaca orang itu terlalu sedikit. Lalu Rasulullah bersabda : Demi Dzat yang diriku yang berada di tanganNya. sesungguhnya surat Al Ikhlash itu sama dengan sepertiga Al Quran.

Sebagian ulama berkata : Sesungguhnya surat Al Ikhlash itu sama dengan sepertiga Al Quran karena 2 nama Allah yang tidak ada disebutkan dalam surat lain dalam al Quran yaitu As-Shamad (tempat bergantung) dan Ahad (Maha Esa)

Dikatakannya : sesungguhnya Al Quran itu diturunkan terdiri dari 3 bagian. Sepertiga adalah hukum, sepertiga adalah janji dan ancaman dan sepertiga adalah sifat-sifat. Sedangkan Qul Huwallahu Ahad telah mencakup sepertiga yaitu nama-nama Allah dan sifat-sifatNya

Hadist riwayat Muslim ini menukjukkan takwil seperti diatas.

Nabi Saw bersabda : Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla membagi Al Quran menjadi tiga bagian. Dia menjadikan Qul Huwallahu Ahad menjadi satu bagian dari bagian-bagian Al Quran tersebut.

2. Memudahkan jalan ke syurga

Terkait dengan keutamaan sesorang yang membacanya akan masuk surga adalah berdasarkan hadist :

Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah : Aku datang bersama Nabi Saw. Lalu beliau mendengar seorang membaca Qul Huwallahu Ahad. Lalu Rasulullah Sab bersabda: Wajib Aku bertanya Apanya yang wajib? Jawab Beliau Wajib masuk syurga”

Hadist lain adalah :

Barangsiapa hendak tidur di tempat tidurnya, lalu ia tidur diatas bagian sebelah kanannya kemudian membaca Qul Huwallahu Ahad sebanyak 100 kali, maka ketika hari kiamat tiba Tuhan berfirman kepadanya: Wahai hambaKu, masuklah kamu dari sebelah kananmu kedalam surga”(HR Tirmidzi)

Barang siapa masuk mesjid pada hari jumat lalau shalat empat rakaat, setiap rakaat membaca Fatihatul kitab dan Qul Huwallahu Ahad lima puluh kali, jadi ada 200 kali dalam 4 rakaat, maka ia tidak mati sehingga melihat tempatnya di surga atau diperlihatkan kepadanya.

3. Sebagai penghapus dosa

Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah Saw bersabda:

Barang siapa membaca setiap hari dua ratus kali Qul Huwallahu Ahad, maka Allah akan menghapus dosa-dosanya selama lima puluh tahun kecuali jika ia mempunyai hutang  (HR Tirmidzi)

4. Dijauhkan dari kefakiran

Dari Sahl bin Saad as Sa’idi, ia berkata : Seorang laki-laki mengadu kepada Rasulullah Saw perihal kefakiran dan kesulitannya dalam mencari nafkah. Lalu Rasulullah Saw bersabda:

Apabila kamu masuk rumah, ucapkanlah salam jika didalamnya ada orang. Dan jika didalamnya tidak ada orang maka sampaikan salam kepadaku dan bacalah Qul Huwallahu Ahad sekali

Laki-laki itupun mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Rasulullah Saw ini sehingga Allah menjadikan rezekinya melimpah hingga meluberi tetangganya.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s