Makna Surat Attaubah tidak diawali bismilah

quran-surah-at-taubah

Surat Attaubah adalah surat ke 9 berisi 129 ayat dan diturunkan di madinah. Ada hal yang menarik bila kita memperhatikan surat ini yang tidak diawali bismilah, berbeda dengan 113 surat lainnya.

Surat yang berisi peperangan dan pembatalan perjanjian untuk kaum musyrikin

Terkait dengan hal ini  Syaikh DR Yusuf Qardhawi menyatakan bahwa  pendapat yang paling kuat adalah pendapat Ali bin Abu Thalib Ra. Beliau menjelaskan, “Bismillahirrahmanirrahiim adalah suatu kedamaian, sedangkan surat At Taubah diturunkan tanpa kedamaian.”

Maksudnya, surat At Taubah diturunkan dengan menyatakan pemutusan ikatan dan perjanjian antara kaum muslimin dan kaum musyrikin kecuali beberapa perjanjian yang menyebutkan batas waktu tertentu. Itupun dengan syarat tidak dikhianati dan tidak dirusak oleh kaum musyrikin.

Ketika itu kaum musyrikin berulah merusak perjanjian damai dengan bekerja sama dengan kaum Yahudi, sehingga tidak ada lagi ikatan perjanjian dan jaminan dari kaum muslimin bagi mereka. Tidak ada lagi peraturan yang harus diberlakukan kepada kaum musyrikin. Tidak ada lagi tanggung jawab moral bagi umat Islam untuk menjamin perdamaian dengan mereka. Islam membuat perhitungan dengan mereka karena mereka mengkhianati kaum muslimin

Firman Allah : “(Inilah pernyataan) pemutusan hubungan dari Allah dan Rasul-Nya (yang dihadapkan) kepada orang-orang musyrikin yang kamu (kaum muslimin) telah mengadakan perjanjian (dengan mereka).” (QS. At Taubah: 1)

Basmalah yang mendahului 113 surat dalam Al Qur’an senantiasa disertai dua sifat Allah; ar rahman dan ar rahim. Kalimat ini merupakan jaminan kedamaian dan ketenteraman bagi setiap orang. Ar Rahman adalah sifat pengasih Allah yang memberikan nikmat di dunia kepada seluruh manusia tanpa memandang agama. Ar Rahim adalah sifat Allah yang memberikan kasih sayang di akhirat nanti khusus bagi kaum muslimin. Keduanya bernuansa kedamaian.

Sedangkan surat At Taubah lebih banyak memerintahkan umat Islam agar memerangi kaum musyirikin yang telah melanggar perjanjian dan mengkhianati umat Islam.

Meski Surat Al-Taubah tidak diawali dengan basmalah, dan manusia hanya mampu menangkap sedikit saja rahasianya, tetapi surat ini diakhiri dengan sangat indah. Setelah di awal berisi pelepasan, di tengah tersebar berbagai kecaman, di akhir surat itu dengan indah ditutup oleh sebuah ayat kebahagiaan. Ayat kasih sayang dan kerinduan.

Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. (AAtaubah 128)

Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung”.(Attaubah 129)

Ucapan Taawudz untuk menggantikan bismilah kala membacanya

Untuk menggantikan bacaan basmalah pada awal surat ini, biasanya beberapa mushof menyertakan bacaan ta’awudz yang khusus untuk mengawali surat ini. Bacaan Ta’awudz tersebut adalah sebagai berikut :

A’uudzubillaahi minannaari wa minsyarril kuffaar wa min ghodlobil jabbaar. Al ‘izzatulillahi wa lirosuulihii wa lilmu’miniin

Jumlah bismilah di Al Quran tetap sama dengan jumlah suratnya yaitu 114

Ada satu hal yang menarik terkait bismillah yang mengawali semua surat kecuali Attaubah ini. Ternyata Al Quran memberikan fakta menarik dengan tetapnya jumlah bismillah sesuai dengan jumlah surat dalam Al Quran.

Secara mudah bila jumlah surat dalam Al Quran seluruhnya 114 berarti Bismillah ada 113 jumlahnya.  Namun tidak demikian, karena Jumlah Bismillah akhirnya dapat genap 114 jumlahnya, karena adanya bismillah yang berada di dalam surat yaitu pada surat Annaml ayat 30 tsb.

Firman Allah: “Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan isinya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang” (Annaml:30)

(disarikan dari http://www.islampos.com dan http://www.bersamadakwah.net)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s