3 sikap yang harus dijauhi

mengeluh

Nabi Saw bersabda:

  1. Siapa yang dipagi harinya mengeluh akan kesulitan hidup maka dia sama dengan mengeluhkan Tuhannya
  2. Siapa yang pada pagi harinya bersedih karena urusan dunia maka dia pagi hari itu telah membenci atas apa yang menjadi ketetapan Tuhannya
  3. Siapa yang merendahkan diri pada orang kaya karena kagum kepada kekayaannya, sungguh telah hilang dua pertiga dari agamanya (ketaatannya)

Dalam kitab Nashaihul Ibad dijelaskan bahwa tidak diperbolehkan seseorang itu mengeluh kecuali hanya kepada Allah, karena itu merupakan bentuk doa. Doa untuk keluar dari kesulitan hidup dengan memohon kepadanya dicontohkan dalam Doa Nabi Musa As dan doa Nabi Sulaiman dibawah ini:

Ya Allah segala puji hanya bagiMu dan hanya kepadaMu kami mengadu, Engkaulah Dzat yag paling berhak dimintai pertolongan tiada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha tinggi, Maha Agung.

Kami memohon pertolongan kepadaMu dari segala bencana kerusakan yang menimpa dan kami memohon kepadaMu kebaikan dalam segala urusan.

Terkait dengan poin 2 Muhammad Nawawi bin Umar Al Jawi menyatakan bahwa orang yang sedih karena urusan dunia berarti dia marah kepada Allah Swt. Dia tidak ridha atas ketetapanNya dan tidak sabar atas cobaan yang diterima. Dia tidak beriman pada takdirNya, karena setiap kejadian di dunia sesungguhnya berdasarkan qadha dan qadar Allah.

Penjelasan poin 3 adalah karena dalam aturan syareat pemuliaan terhadap orang itu harus berdasarkan pada kebaikan akhlaq dan keilmuannya, buka karena kekayaan atau harta yang dimilikinya. Orang yang memuliakan harta diatas segalanya, berarti telah menghinakan ilmu dan akhlaq mulia.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s