2 kriteria orang ahli syukur dan sabar

syukur n sabar

Dalam Hadist At Tirmidzi sangat jelas apa yang menjadi kriteria seseorang itu digolongkan pandai bersyukur dan penyabar. 2 Kriteria ini didasarkan pada ukuran bagaimana seseorang itu memandang dari segi  agama  dan dunianya.

At Tirmidzi meriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa Nabi Saw pernah bersabda:

Ada dua perkara yang siapa saja memilikinya, Allah akan mencatatnya sebagai orang yang pandai bersyukur dan penyabar dan siapa yang tidak memiliki keduannya, Allah tidak mencatatnya sebagai orang yang pandai bersyukur dan penyabar yaitu :

  1. Siapa saja yang mengukur agamanya dengan orang yang lebih tinggi derajatnya, kemudian dia mengikutinya dan mengukur dunianya dengan orang yang lebih miskin darinya, lalu dia bersyukur kepada Allah atas karunia yang diberikan kepadanya, maka Allah akan mencatat dia sebagai orang yang pandai bersyukur dan penyabar.
  2. Dan siapa saja yang mengukur agamanya dengan orang yang lebih rendah derajatnya dan mengukur dunianya dengan orang yang lebih kaya darinya, lantas bersedih atas dunia yang tidak didapatkannya, maka Allah tidak mencatatnya sebagai orang yang pandai bersyukur dan penyabar.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s